NU dan Muhammadiyah Sumsel Pastikan Tak Ikut Aksi 112

Aksi ribuan umat muslim Indonesia saat memprotes penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok beberapa watu lalu
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA.co.id – Nahdatul Ulama (NU) dan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan memastikan tidak akan berpartisipasi dalam aksi damai yang digelar Sabtu, 11 FBeruari 2017 di Jakarta.

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

"Kalaupun ingin membela Islam, ada opsi lain, tidak perlu dengan menggerakkan massa. NU sendiri tidak akan ikut dalam aksi itu," kata Ketua Nadhlatul Ulama Sumatera Selatan, Amri Siregar saat acara Silaturahmi di Mapolda Sumatera Selatan, Kamis, 9 Februari 2017.

Selain itu, NU adalah organisasi yang menjunjung tinggi persatuan NKRI, tanpa harus memecah belah persatuan. "NU konsisten pada NKRI. NKRI adalah harga mati. Tidak boleh ada yang memecah belah, keutuhan bangsa adalah tugas kita bersama," ujarnya.

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan, Purmansyah. Menurutnya, aksi 112 berdekatan dengan kegiatan Pilkada DKI 2017. "Ini sudah diputuskan, kami tidak ikut aksi 112. Apalagi terkait dengan adanya permintaan untuk pengerahan massa, jelas kami menolak. Jika ini dilakukan maka suasananya tidak akan kondusif. Kita harus jaga agar pilkada berjalan demokratis," ujar Purmansyah.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Maryoto menambahkan, adanya ajakan untuk ikut dalam aksi 112 harus ditanggapi masyarakat secara cermat.

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

"Contohnya begini, jika ada Pilkada di Sumsel, lalu orang-orang dari Bengkulu, Jambi, Lampung dan lainnya datang dan ribut-ribut, padahal masyarakat lagi konsentrasi Pilkada. Tentunya kita ingin pilkada yang tenang kan, jadi harus membantu mensukseskan kelancarannya. Kalau ada ajakan aksi, mari kita berfikir pakai logika," kata Agung. (mus)

PP Muhammadiyah menggelar halalbihalal bersama 1.000 difabel

Bentuk Kepedulian Muhammadiyah Buat Penyandang Difabel

MPKS PP Muhammadiyah menggelar halalbihalal inklusif dengan 1.000 difabel bersama Himpunan Disabilitas Muhammadiyah.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024