Sultan HB X: Apa Pun Hasil Pilkada Semua Harus Legowo

Sri Sultan HB X dan permaisuri GKR Hemas di Keraton Yogya, Jumat (8/5/2015)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri

VIVA.co.id – Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo menggelar Pilkada Serentak 2017, Rabu 15 Februari 2017. Sejak TPS dibuka, masyarakat yang memiliki hak mencoblos telah mendatangi TPS, tak terkecuali Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Keluarga Korban KM Sinar Bangun Bisa Coblos di TPS Tigaras

Bersama dengan keluarga, Raja Keraton Yogya itu mendatangi TPS 09, Jalan Magangan Wetan, Suryoputra Kelurahan Penembahan, Kecamatan Kraton untuk menyalurkan hak politiknya.

Ngarso Dalem Sultan HB X tampak mengenakan pakaian batik, sedangkan Permaisuri GKR Hemas berbusana warna merah. Keduanya ditemani GKR Hayu, GKR Condrokirono, dan KPH Purwodiningrat. Sultan datang sekitar pukul 07.10 WIB dan mengantre layaknya masyarakat biasa. Ngarso Dalem harus menunggu antrean sekitar lima menit. 

Mendagri Tjahjo Tegaskan Isu Sara Racun Demokrasi

Sultan HB X di dalam daftar pemilih tetap (DPT) berada di nomor 292 dari 589 DPT yang tercatat di TPS 09. Usai mencoblos, Ngarso Dalem berharap semua warga Yogya yang memiliki hak suara untuk dapat menggunakan hak pilihnya.

"Kalau saya punya harapan, masyarakat mau menggunakan hak pilihnya, jangan golput lah," tuturnya. 

Cagub Sumut Demokrat JR Saragih-Ance Selian Mendaftar ke KPU

Sri Sultan juga berharap agar pilkada serentak di Yogya maupun kota lainnya dapat berjalan lancar. "Harapan saya tidak terjadi sesuatu yang menimbulkan keresahan masyarakat. Ya enggak ada money politic itu toh," ujar Sultan. Menurut Sultan, seluruh pesta demokrasi ini dapat berjalan lancar.

Setelah usai, menurut Sultan, tidak ada lagi permasalahan yang bisa meresahkan. Ia meminta semuanya legowo, apa pun hasil pilkada. "Demokrasi itu butuh dialog, bukan mau menang sendiri," katanya.

Di DIY terdapat dua daerah yang melaksanakan pilkada serentak yaitu Kabupaten Kulonprogo dan Kota Yogyakarta. Di Yogyakarta, kondisi di beberapa titik cukup lengang, termasuk di titik nol Malioboro. Sekolah dan perkantoran juga diliburkan untuk merayakan pesta demokrasi ini. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya