Parlemen Thailand Belajar Pariwisata ke Provinsi Bali

?Parlemen Thailand Belajar Pariwisata ke Provinsi Bali
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bali menerima kunjungan kehormatan dari parlemen Thailand. Rombongan parlemen Thailand ini berjumlah 10 orang.

Tokoh Intelijen RI Diminta Jadi Juru Damai Konflik Thailand Selatan

Mereka diterima Ketua DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Adi Wiryatama, Wakil Ketua, I Nyoman Sugawa Korry, IGB Alit Putra, Jero Gede Komang Swastika, Ketua Komisi III, I Nengah Tamba, anggota Komisi II, AA Ngurah Adhi Ardhana dan tim Ahli DPRD Bali.

Saat sesi dialog, kedua pihak saling bertukar informasi terkait pariwisata. Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama dalam sambutannya mengatakan, Bali merupakan destinasi pariwisata Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara, karena memiliki keindahan alam maupun budaya yang sangat klasik. 

Bertemu PM Thailand, Jokowi Sampaikan 3 Isu yang Jadi Perhatian RI

Dengan kedatangan rombongan parlemen Thailand ke Bali, ia berharap akan ada kerja sama bidang pariwisata antara Thailand dengan Bali.

"Dengan kunjungan ke Bali ini kita harapkan nantinya bisa bekerja sama dalam bidang pariwisata," ujar Adi Wiryatama, di Denpasar, Minggu 12 Maret 2017.

Tiba di Bangkok, Jokowi Disambut Wakil Perdana Menteri Thailand

Presiden Majelis Legislatif Nasional Kerajaan Thailand, Pornpetch Wichitcholchai dalam sambutannya
mengungkapkan rasa bahagianya bisa berkunjung ke Bali. "Karena budaya Thailand hampir sama dengan Bali," ujarnya.  

Bali, kata dia, juga memiliki banyak pantai yang indah. Ia juga berharap, ke depan bisa menjalin kerja sama di bidang pariwisata dengan Bali.

Pada kesempatan itu, ia juga mengungkapkan sejumlah masalah dalam pengembangan pariwisata, seperti yang juga dialami Bali. "Kami juga mempunyai problem yang sama seperti Bali tentang transportasi, serta kemacetan karena banyaknya kendaraan yang tidak terdaftar, tetapi ikut mengambil keuntungan atau bisnis di dunia jasa transportasi," katanya.

Dalam sesi dialog, Wakil Ketua DPRD Bali, I Nyoman Sugawa Korry menjelaskan, Bali memiliki adat istiadat dan budaya yang sangat kental, sehingga pengembangan pariwisata Bali berbasis budaya. "Masyarakat sangat menghormati dan menghargai budayanya karena Bali merupakan penyumbang devisa terbesar di Bidang Pariwisata," ujarnya.

Anggota Komisi II DPRD Bali, AA Ngurah Adhi Ardhana mengatakan, Bali menaruh harapan besar terhadap perkembangan dan kemajuan pariwisata yang dilandasi adat dan budaya Bali.

"Oleh karena itu, kehadiran tamu dari mancanegara merupakan peluang bagi Bali untuk lebih mempererat hubungan kerja sama, dan di sisi lain sebagai ajang promosi gratis bagi pariwisata Bali," kata Adhi Ardhana.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya