Indonesia-Jepang Gelar Pagelaran Seni

VIVAnews – Seniman asal Jepang dan Indonesia akan unjuk kebolehan memamerkan 270 karya seni, baik lukisan maupun rupa yang akan digelar di Art Gallery Tonyraka, Ubud, Gianyar, Bali 14-17 November 2008 mendatang.

Pameran yang murni mengapresiasikan seni ini digelar dalam rangka memperkuat, memelihara, dan memperluas hubungan dua negara, Indonesia-Jepang yang telah bertahan selama 50 tahun.

Pagelaran dengan tajuk Nippon Artfest ini menghadirkan 170 lukisan dan 100 karya seni keramik, dibuat oleh 150 seniman asal Jepang dan 35 seniman Indonesia.

Menurut pimpinan Galeri Tonyraka, Anak Agung Bagus Tony Hartawan, Indonesia khususnya Bali berkesempatan mengenal dan memahami budaya dan masyarakat melalui kesenian. "Mereka memilih Bali sebagai destinasi seni Indonesia," kata Anak Agung, Rabu, 12 November 2008.

Menurut seniaman Jepang, Lanjut Anak Agung, Bali dikenal sebagai pusat kemajuan kesenian sekaligus surga kreativitas dan ruang interaksi bagi para seniman internasional.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Sementara Kurator Art Gallery Tonyraka, Arif Agus Prasetyo mengatakan, kehadiran seniman Indonesia ini sekaligus dapat memperkaya wawasan dan membawa inspiratif kedua belah pihak.

"Siapa tahu nanti ada seniman kita yang bisa murni mengapresiasikan seninya tanpa ada unsur jual belinya," gelaknya. Seniman Indonesia yang menyertakan karyanya antara lain, Mangu Putra, FX Harsono, dan Tisna Sanjaya.

Secara khusus dipamerkan Mashikoyaki, yaitu seni keramik tradisional Jepang. Berupa alat-alat makan yang dihiasi tulisan syair Jepang.

Laporan: Wima Saraswati/Bali.

Pj Gubernur Sumut, Hasanuddin.(B.S.Putra/VIVA)

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Timnas Indonesia U-23 secara heroik menang atas Timnas Korea Selatan (Korsel). Timnas Indonesia menang 11-10 (2-2) lewat babak adu penalti.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024