Polisi Buru Penyebar Foto Pose Bangga dengan Mayat Begal

Foto 13 polisi Lampung di depan lima mayat pelaku begal yang bergelimpangan di tanah.
Sumber :

VIVA.co.id – Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Rikwanto mengatakan, pihaknya belum mengetahui pihak penyebar foto polisi yang berpose gaya dengan pelaku begal yang ditembak mati polisi ke media sosial.

Oknum Polisi yang Berdinas di Polda Sulsel Ancam Tembak Warga

Hingga kini, Polri masih menyelidiki orang yang menyebarkan foto itu. Para anggota polisi berfoto sesumbar dengan jenazah pelaku begal dinilai bisa menimbulkan penilaian negatif dari masyarakat terhadap polisi.
 
"Akhirnya terjadilah sebuah foto disebarkan ke internal, entah siapa yang meng-upload ke medsos (media sosial) kami belum tahu ya. Itu yang sedang didalami oleh penyidik Propam untuk melakukan pendalaman, karena memang apa pun prosesnya, peristiwanya, walaupun sebuah keberhasilan, kalau foto itu ditampilkan ya tidak patut juga," kata Rikwanto di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 5 April 2017.

Selain sudah meminta maaf kepada masyarakat, khususnya masyarakat Lampung atas tindakan tersebut, semua polisi yang ada dalam foto itu juga sudah ditindak. Namun Rikwanto mengatakan belum memastikan pasal yang akan dikenakan kepada pengunggah foto karena hingga saat ini penyelidikan masih berlangsung.  

Kasus Penembakan Warga di Makassar, 12 Polisi Disanksi Disiplin

"Kami sedang selidiki. Jadi kalau menyebarkannya bagaimana, untuk apa. Itu kan awalnya menyebarkannya di internal, di grup Whatsapp. Tapi kenapa bisa ke luar itu yang sedang kami dalami," kata Rikwanto.

Belum lama ini, Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Polresta Bandar Lampung menembak mati lima pelaku pembegalan sadis melalui baku tembak di Jembatan Layang Serengsem, Panjang, Bandar Lampung.

Warga Terkena Peluru Nyasar dari Senjata Ilegal Milik Polisi

Sayangnya, keberhasilan dalam melumpuhkan kelompok begal yang kerap meresahkan masyarakat itu ternodai dengan munculnya foto yang memperlihatkan Tim Tekab 308 sedang berpose  bangga bersama mayat para begal yang bergelimpangan di hadapan mereka.

Foto itu menyebar luas melalui Facebook dan menuai kecaman masyarakat. Ulah para anggota Kepolisian dalam merayakan keberhasilan dinilai berlebihan dan tak manusiawi. (ase)

Oknum Anggota Brimob pelaku penembakan di tambang emas ilegal ditangkap

5 Fakta Oknum Brimob Tembak Penambang Emas di Maluku

Oknum Brimob menjadi tersangka penembakan penambang emas di Gunung Botak, Maluku. Oknum Brimob bekingi tambang emas ilegal

img_title
VIVA.co.id
31 Januari 2022