UNBK Kacau, Ribuan Pelajar di Malang Harus Ujian Ulang

Hari Pertama Pelaksanaan UNBK SMK.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf, secara mendadak (sidak) memantau jalannya Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK di beberapa SMA di Malang. Ada tiga SMA Negeri yang didatangi Wagub yaitu SMAN 4, SMAN 1, dan SMAN 3.

Cegah Corona, Pelaksanaan UNBK di Tangerang Resmi Ditunda

Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu mengatakan kalau ujian nasional SMA di Jawa Timur secara garis besar tidak menemui kendala yang berarti. Namun ada sedikit kendala teknis yang sudah bisa ditangani.

Kendala justru dialami sekitar 9.000 siswa Sekolah Menengah Kejuruhan (SMK) di Jawa Timur yang melakukan UNBK pada pekan lalu. Mereka terpaksa mengikuti ujian susulan karena kesalahan teknis distribusi soal ujian.

Ujian Nasional Menantang Maut Corona

"Siswa SMK kalau secara teknis error hanya 0,02 persen. Kendalanya soal dari pusat tidak keluar, dari 142 jurusan di SMK ada 10 jurusan yang bermasalah sehingga tidak kurang dari 9 ribu lebih adik-adik kita harus ujian ulang," kata Gus Ipul di Malang, Jawa Timur, Selasa, 11 April 2017.

"Bukan karena mereka tidak lulus atau tidak bisa tapi karena soalnya tidak keluar terutama jurusan Multimedia dan Rekayasa Perangkat Lunak di antaranya itu," imbuh dia.

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Sedangkan untuk ujian SMA, Gus Ipul menyebut secara umum pelaksanaan UNBK, lancar. Pada dua hari pelaksanaan UNBK, Pemprov Jatim belum mendapat laporan kendala yang signifikan.

"Hasilnya kita harapkan baik, kalau pun tidak baik ada ujian susulan mungkin mereka yang mendapat hasil tidak baik belum terbiasa dengan ujian berbasis komputer," ujarnya. (ren)

Siswa SMP di Semarang masuk sekolah saat pelaksanaan PTM.

100 SMP Terbaik di Indonesia, Dinilai dari Hasil (UNBK)

SMP terbaik di Indonesia, sebagai orang tua pasti menginginkan anaknya atau calon siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikannya di sekolah yang terbaik.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2022