Bahan Petasan Meledak, Satu Rumah di Sukabumi Hancur

Ledakan terjadi di sebuah rumah yang memprodusi petasan di Sukabumi, Jawa Barat.
Sumber :
  • antv/tvOne/ Muhammad Akasah (Sukabumi, Jawa Barat )

VIVA.co.id – Ledakan terjadi di sebuah rumah di Kampung Lemburhuma RT 002/012 Desa Bojong Sawah, Kecamatan Kebon Pedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 14 April 2017. Akibatnya, rumah itu hancur hingga hampir rata dengan tanah. 

Dibangunkan Ledakan, Warga Kiev Sempat Merasa Telat Selamatkan Diri

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menjelaskan, ledakan terjadi pagi tadi pukul 06.00 WIB. "Rumah tersebut diduga merupakan tempat meracik petasan," kata Yusri saat dikonfirmasi, Jumat, 14 April 2017.

Yusri menjelaskan, ledakan di rumah milik Ahmad Suhada ini karena adanya percikan dari bahan petasan yang dipersiapkan untuk diracik. "Ledakan diduga dari bahan petasan yang akan diracik," ujarnya.

Tambang Emas di Burkina Faso Meledak, Tewaskan 60 Orang

Dalam kejadian ini, seorang pengrajin yaitu Dayat mengalami luka terkilir. 

Saat ini, Polres Sukabumi memeriksa pemilik rumah dan saksi-saksi untuk menelusuri izin operasi industri rumahan petasan itu. Barang bukti berupa puluhan bahan petasan turut diamankan.

9 Negara di Dunia yang Paling Ditakuti karena Punya Bom Nuklir

"Tindak lanjut proses secara hukum, pemilik saat ini diperiksa. Racikan bahan petasan sudah diamankan untuk diusut lebih lanjut," katanya. 

Reporter tvOne melaporkan, ledakan itu mengakibatkan bangunan di sekitarnya rusak hingga mengalami pecah kaca. Polisi memberi garis polisi di lokasi kejadian.

Kampung tersebut dikenal sebagai sentra pembuatan petasan. Setiap tahun, menjelang Ramadan, polisi  kerap melakukan razia di kampung itu.

Setelah terjadi ledakan, hampir seluruh warga kampung tertutup. Mereka lebih banyak mengaku tidak tahu tentang tempat-tempat pembuatan petasan.

Laporan Muhammad Akasah (Sukabumi, Jawa Barat)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya