Persiapan Mudik, Gerbong dan Lokomotif Kereta Direnovasi

Perawatan Kereta Api Jelang untuk Lebaran 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

VIVA.co.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salah satu penyedia jasa angkutan massal jelang lebaran tahun ini mulai berbenah.

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

PT KAI Daop 8 Surabaya mulai melakukan berbagai persiapan menjelang arus mudik lebaran. Sejumlah gerbong dan lokomotif mulai dilakukan perbaikan, demi kenyamanan pemudik yang menggunakan jasa kereta api.

Kepala Depo Stasiun Pasar Turi, Eko Asyari mengatakan, dalam perawatan berkala setelah enam bulan penggunaan, kereta harus masuk depo.

Lewat Aplikasi Ini, KAI Kini Antar Jemput Penumpang Sampai Rumah

"Dalam hal ini bodi kereta diangkat dan dipisahkan dengan bodi," kata Eko, Selasa 30 Mei 2017.

Ia menambahkan, perbaikan dilakukan lebih awal bertujuan untuk menghindari kecelakaan yang terjadi akibat rusaknya komponen kereta api pada saat musim mudik lebaran.

Puncak Arus Balik Libur Panjang Penumpang Kereta Api Diprediksi Besok

"Pada perawatan P6 ini, perbaikan gerbong dan lokomotif dipersiapkan khusus mudik lebaran 2017. Ini meliputi bodi atau rangkaian roda kereta api, rem blok, pelumasan dan interior kereta api seperti kursi dan AC," ujarnya.
 
Menurutnya, selama ini Daop 8 Surabaya memang rutin memperbaiki gerbong dan lokomotif. Dalam sehari biasanya mengerjakan dua gerbong.

"Namun menjelang lebaran seperti ini, perawatan gerbong bisa ditambah sebanyak empat gerbong. Untuk kereta yang akan melayani penumpang lebaran, perawatan lebih teliti dan hati-hati," katanya.

Ilustrasi rangkaian kereta api.

Waduh! Tiket Kereta Mudik di Sejumlah Rute Ludes Terjual, Ini Daftarnya

Sejumlah tiket Kerete Api Jarak Jauh yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran tersebut, justru sudah terjual habis.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2023