35 Persen Terumbu Karang Indonesia Rusak Berat

Terumbu karang perairan Pulau Hoga, Wakatobi, Sulawesi
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat sebanyak 35,15 persen terumbu karang di Indonesia sudah dalam kondisi buruk. Angka ini didapat dari hasil verifikasi dan analisi di 108 lokasi dan 1.064 stasiun pemantauan di seluruh perairan Indonesia.

Hanya Gunakan Kapal Kayu, Aksi Keren Nelayan Ini Berhasil Usir Kapal Asing dari Laut Indonesia

"(Sisanya) Kondisi cukup 35,06 persen dan 23,40 persen dalam kondisi baik," kata Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah, Sabtu 10 Juni 2017.

Diakuinya, saat ini terhitung sejak tahun 1993 ada kecenderungan peningkatan kondisi terumbu karang Indonesia ke arah yang lebih baik.

Kementerian LHK: 4 Provinsi Miliki Kualitas Air Laut Tertinggi

Namun demikian, pada tahun 2015-2016, seluruh perairan Indonesia mengalami pemutihan karang yang ditengarai oleh anomali cuaca ataupun dampak perubahan iklim global, sehingga membuat kondisi karang relatif rawan.

Meski begitu, kondisi karang Indonesia tetap menunjukkan perbaikan. "Walau cenderung konstan, sempat mengalami kenaikan sebesar 1,39 persen pada 2016. Ini mengindikasikan bahwa di situ ada peningkatan luasan dan efektifitas kawasan konservasi perairan, serta upaya rehabilitasi dan pengelolaan terumbu karang di Indonesia," ujarnya. (ren)

Ternyata Ada 7 Pulau Terluar Indonesia yang Diincar Negara Lain
Ilustrasi ikan.

Deretan Negara Penghasil Ikan Laut Terbesar di Dunia, Posisi Indonesia Membanggakan!

Kandungan Omega-3 yang terdapat dalam ikan laut juga sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak, kesehatan jantung bagi para lanjut usia hingga untuk kekebalan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024