Akademisi Bikin Motor Listrik Lokal, Begini Penampakannya

Sepeda motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)
Sepeda motor listrik Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kendaraan ramah lingkungan bakal menjadi tren baru untuk moda transportasi masyarakat. Selain buatan pabrikan, kini ada juga sepeda motor listrik lokal yang merupakan hasil karya para akademisi. Produk purwarupa itu diberi nama BL-SEV01.

Sepeda motor lokal itu, merupakan wujud kerja nyata mahasiswa dan dosen dari kampus Budi Luhur, yang berkolaborasi dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan rumah modifikasi Katros Garage. Nama SEV01 sendiri merupakan singkatan dari Sport Electric Vehicle yang pertama.

Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono mengatakan, motor listrik lokal BL-SEV01 dibekali jantung penggerak berupa dinamo BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, serta didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

"Sementara kami libatkan 3 mahasiwa dan dosen, untuk bekerjasam dengan peniliti LIPI dalam mengerjakan sistem elektrifikasinya, mulai dari Motor penggerak, sistem penggerak dan sistem kendalinya," ujarnya dalam konfrensi pers digital, Kamis 14 Januari 2021.

Sujono mengatakan, butuh waktu sekitar 3 bulan untuk membuat sepeda motor tanpa mesin itu. Sayangnya, kendaraan tanpa asap itu belum diuji coba secara resmi di jalanan. Pengujian baru dilakukan memakai sistem komputerisasi saja.

"Belum kami test real di lapangan, baru memakai software dan itu kecepatannya bisa 130 sampai 160 kilometer per jam. Motor listrik ini didesain tanpa transmisi, tinggal memainkan gas dan motor akan melaju. Di atas kertas mampu melaju sejauh 110 kilometer dengan pemakaian normal," papar Sujono.

Photo :
  • Istimewa