Kisah Kaos Kaki Bolong yang Dapatkan Sepeda Jokowi

Jurnalis dapat sepeda dari Presiden Jokowi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Tidak hanya karena bisa menjawab nama-nama ikan, provinsi atau pulau, yang membuat Presiden Joko Widodo menyerahkan hadiah sepeda kaos kaki bolong sekalipun bisa mendapat sepeda.

Dapat Hadiah Sepeda dari Presiden, Kaesang Pangarep: Saya Berencana Mau Kasih Bapak

Ceritanya, pada Rabu 14 Juni 2017, Presiden Joko Widodo menggelar agenda ramah tamah dan buka puasa bersama wartawan Kepresidenan. Usai buka puasa yang digelar di Istana Negara itu, dilanjutkan dengan sholat Maghrib berjamaah.

Usai menyantap sajian makanan yang menunya nasi kebuli, bakwan Malang, siomay dan buah-buahan, sejatinya ada dialog dengan wartawan. Namun karena waktu yang sudah hampir pukul 19.00 WIB, maka langsung dibuka acara kuis dengan hadiah sepeda.

Dapat Sepeda Jokowi karena Busana, Sri Mulyani: Kalau Sebutin Nama Jenis Ikan Saya Juga Bisa, Pak

"Sudah ada lima sepeda di sana," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, membuka sesi kuis itu.

Hadiah sepeda ini biasanya dibagikan oleh Jokowi saat kunjungan kerja ke daerah-daerah. Namun kini, juga siap diberikan kepada wartawan yang sebelumnya hanya bisa meliput saat Jokowi memberikan sepeda ke warga daerah yang didatangi orang nomor satu di Indonesia itu.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Jokowi kemudian naik podium. Namun dia terlihat bingung untuk memberi pertanyaan kepada wartawan. "Pertanyaannya apa ya?" kata orang nomor satu di Indonesia itu kebingungan.

Mantan Gubernur DKI itu tidak ingin memberi pertanyaan yang sudah biasa ia berikan saat kunjungan kerja. Beberapa menit berpikir, akhirnya pertanyaan Jokowi kembali ke soal ikan.

"Sebutkan 10 ikan baik air tawar maupun air laut, selain tongkol," tanya Jokowi.

Seorang fotografer memperoleh kesempatan untuk menjawab. Namun tersendat-sendat karena banyak jenis ikan yang ia tidak tahu. "Emang gampang menjawab pertanyaan di depan," sindir Jokowi disambut tawa. Hingga akhirnya, 10 jenis ikan itu berhasil di jawab.

Pertanyaan-pertanyaan lain, juga diajukan Jokowi. Diantaranya seorang wartawati, yang diminta untuk menunjukkan teknik-teknik silat.

Kehabisan mencari pertanyaan, Jokowi akhirnya meminta para jurnalis yang menggunakan kaos kaki bolong. Sontak, para wartawan kaget dan saling mengecek kaos kakinya. Diantaranya ada yang membuka sepatu.

Seorang wartawan bergegas maju ke depan, karena merasa kaos kaki yang ia gunakan bolong.

"Mana, tunjukkan (kaos kaki bolong)," kata Jokowi.

Si wartawan itu lalu menunjukkan dan Jokowi terlihat ikut melihat ke arah bawah kaos kaki yang dikenakan itu.

"Oh iya bolong. Ambil sepedanya," pinta Jokowi.

Buka puasa bersama Presiden dan wartawan Kepresidenan, berlangsung sederhana. Sejumlah pejabat yang terlihat hadir seperti anggota Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, dan Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Pribowo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya