Gempa Darat 10 Kilometer di Padang Sidempuan Terasa 20 Detik

Ilustrasi/Seismograf merekam getaran gempa.
Sumber :
  • Antara/ Rudi Mulya

VIVA.co.id – Gempa darat dangkal di kedalaman 10 kilometer berkekuatan 5,5 skala richter mengguncang wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Jumat, 14 Juli 2017.

BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gempa darat yang tak berpotensi tsunami ini dirasakan oleh warga selama 20 detik.

Sejumlah warga panik dan sempat berhamburan keluar rumah. "Atap rumah bergetar cukup keras, perabotan berbunyi dan bergoyang," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya.

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Gempa ini juga bisa dirasakan di empat kabupaten yakni, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara dan Kabupaten Tapanuli Selatan. Termasuk juga hingga Provinsi Riau, gempa ini bisa dirasakan selama 10 detik di Kabupaten Rokan Hulu.

"Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa," ujar Sutopo.

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

Sejauh ini, BNPB bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat masih terus melakukan pemantauan dampak dari gempa tersebut.

Bangunan rumah rusak terdampak gempa Garut, Jawa Barat

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, menetapkan status tanggap darurat bencana alam gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 selama 14 hari

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024