Musnahkan Narkoba Serentak se-Indonesia, Polri-BNN Raih Muri

Pemusnahan narkoba oleh Polri dan BNN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi A

VIVA.co.id – Kepolisian Republik Indonesia dan Badan Narkotika Nasional melakukan pemusnahan barang bukti kasus narkoba di Garbage Plant Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 15 Agustus 2017 sore ini.

Mengenal 2 Sosok Anggota Polri di Timnas Indonesia U-23

Total barang bukti yang dimusnahkan itu merupakan barang bukti dari beberapa kasus yang diungkap pada bulan Juli. Di antaranya 1,2 juta butir ekstasi yang diungkap oleh tim gabungan Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, 1,4 ton sabu yang diungkap oleh tim gabungan dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dan 284.312 gram sabu yang diungkap oleh tim gabungan BNN.

"Hari ini kita melaksanakan pemusnahan barang bukti kasus narkoba," kata Kapolri Jendral Tito Karnavian di Garbage Plant Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa, 15 Agustus 2017.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Selain itu, pemusnahan barang bukti kasus narkoba juga dilakukan di seluruh jajaran Polda se-Indonesia. Menurut Tito, pengungkapan kasus narkoba merupakan hasil kerja keras banyak pihak, seperti Polri, BNN dan Bea Cukai serta pihak lainnya yang terkait.

"Pemusnahan ini juga dilakukan di seluruh Indonesia. Jadi banyak pengungkapan lain di seluruh Indonesia. Yang hari ini serempak kita lakukan di seluruh Indonesia," ujarnya.

Ratusan Alumni Akpol 96 Kumpul Bareng, Ada Apa?

Barang bukti narkoba yang dimusnahkan secara serentak di seluruh Polda se-Indonesia ini yaitu 2,73 ton ganja, 1,405 ton sabu, 1.264.445 butir ekstasi, 36.010 butir Happy Five (H-5) dan 5.595.614 butir Psikotropika Gol IV. Sedangkan jumlah tersangka yang berhubungan dengan barang bukti yang dimusnahkan hari ini yaitu sebanyak 287 orang.

Khusus untuk barang bukti narkoba yang dimusnahkan di Garbage Plant Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, yaitu kasus dengan 36 tersangka terdiri sembilan orang merupakan WNA dan 27  WNI. "Kegiatan ini yang paling utama adalah bentuk pertanggungjawaban dari kami para penegak hukum yang mengungkap," ujarnya menambahkan.

Dalam pemusnahan barang bukti narkoba dan pelantikan 1.000 duta anti narkoba ini juga di hadiri oleh Kepala BNN Komjen Budi Waseso, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Atas pemusnahan secara serentak, Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) memberikan penghargaan kepada Kepolisian Republik Indonesia dan BNN atas rekor pemusnahan barang bukti kasus narkoba terbanyak. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya