Hadiri Sertijab, Pimpinan KPK Ingin Tunjukkan Soliditas

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Ketua KPK Agus Rahardjo di Mabes Polri
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo bersama dua wakilnya, Laode M Syarif dan Saut Situmorang menghadiri upacara serah terima jabatan pejabat Polri di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Selasa 19 September 2017.

Edy Rahmayadi Bangga Anaknya Dilantik Jadi Perwira TNI AD: Sudah Khatam Saya

Kehadiran pimpinan KPK di acara seremonial Polri ini, untuk menunjukkan bahwa KPK-Polri tetap kompak dan bersinergi.

"Sebagai bentuk solidaritas Polri dan KPK. Saya selalu tegaskan bahwa Polri berkomitmen untuk bangun hubungan dan sinergi dengan KPK," kata Kapolri, Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 19 September 2017.

Ada Insiden saat Upacara Pelantikan 833 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka, Sang Mayor Ambruk

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menegaskan tak ingin ada benturan antara Polri dan KPK. Apalagi, jika benturan itu dipengaruhi oleh pihak lain yang berupaya mengadu domba hubungan kedua lembaga. Menurutnya, ada pihak yang diuntungkan jika hubungan KPK dan Polri memanas. "Hubungan pimpinan KPK dan Polri sangat baik," ujarnya.

Senada dengan Kapolri, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, KPK-Polri selalu Kompak dan memiliki sinergi yang baik. Terlebih, sertijab hari ini salah satunya adalah jabatan Kepala Lembaga Pendidikan Polri (Kalemdikpol), yang erat kaitannya dengan KPK. Sebab penyidik KPK juga mendapatkan pendidikan di Lemdikpol.

Jokowi Minta Gesekan Anggota TNI-Polri Harus Disudahi

"Pendidikan penyidik KPK dilatih Lemdiklat. Polisi sumber penyidik KPK. Kedatangan kami terkait erat dengan kaitannya dengan KPK," kata Agus.

Pagi tadi, Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin upacara Sertijab sejumlah perwira tinggi (Pati) di Rupatama Mabes Polri, Selasa 19 September 2017. Ada 9 Pati dan Pamen Polri dibebaskan dari jabatan lama dan dimutasi dalam jabatan baru.

Mutasi itu sesuai dengan Surat Telegram Kapolri nomor ST/2194/IX/2017 tertanggal 13 September 2017. TR ini ditandatangani oleh As SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto.

Di antara yang diangkat dalam jabatan baru yakni Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komisaris Jenderal Polisi Dwi Prayitno dimutasikan sebagai Pati Itwasum Polri, dalam rangka menjelang pensiun.

Sementara posisi Irwasum Polri digantikan oleh Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Selain itu, Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen Pol Moechgiyarto diangkat dalam jabatan baru sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Untuk jabatan Kalemdiklat Polri dijabat oleh Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono, yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Logistik Kapolri.

Sedangkan jabatan Aslog Polri, akan diisi oleh Brigjen Pol Asep Suhendar, yang sebelumnya menjabat Sahlijemen Kapolri. Untuk jabatan Sahlijemen dijabat oleh Brigjen Pol Anton Wahono Sudarminto, yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

Inspektorat Wilayah V Itwasum Polri Brigjen Pol Syaiful Zachri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung menggantikan Brigjen Pol Anton Wahono.

Selain itu, ada juga Irbidjemenopsnal I Itwil III Itwasum Polri Komisaris Besar Polisi Joko Irwanto  diangkat dalam jabatan baru sebagai Irwil V Itwasum Polri. Sedangkan jabatan Irbidjemenopsnal I Itwil III Itwasum Polri dijabat oleh Kombes Pol Tavip Yulianto, yang masih menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, bahwa mutasi di tubuh Kepolisian merupakan hal yang biasa dan rutin dilakukan. Selain sebagai penyegaran bagi organisasi, juga ada yang memasuki masa pensiun. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya