KontraS: Jakarta Daerah Terbanyak Kasus Pelanggaran HAM

Ilustrasi/Protes aksi pelanggaran HAM di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mencatat DKI Jakarta sebagai provinsi yang terbanyak kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di Tanah Air. Menurut data KontraS, sepanjang tahun 2017, terdapat 33 peristiwa pelanggaran HAM dalam bentuk pelarangan kebebasan berpendapat atau berekspresi yang terjadi di DKI Jakarta.

Soal Perkembangan Sirkuit Formula E, Wagub: Cek Langsung ke Lokasi

"DKI tidak terlepas dari momentum politik yang sangat tegang di tahun 2017 ini," kata pengurus Divisi Riset dan Advokasi KontraS, Ananto, Minggu 10 Desember 2017.

Mayoritas pelanggaran HAM itu umumnya berkaitan dengan Pemilihan kepala Daerah. Dari jumlah itu, sebanyak 39 orang mengalami intimidasi, lalu 19 orang luka-luka dan 16 orang mengalami penahanan.

Banyak ASN Kementerian Ingin Jadi Pegawai DKI, Ini Respons Anies

Sementara, secara total  kasus pelanggaran HAM di berbagai daerah terkait kebebasan berekspresi mencapai 223 kasus. Provinsi Sulawesi Selatan menempati posisi kedua dengan 30 peristiwa.

"Bentuk-bentuk pelanggaran yang masih masif antara Januari-Oktober 2017 itu adalah pelanggaran terhadap kebebasan berekspresi dan berpendapat," ujar Ananto.

Target Anies: 2050, Jakarta Nol Emisi Karbon

KontraS juga mengkritik pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini yang lebih mengutamakan sisi pembangunan. Mereka dianggap tidak fokus menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM. 

"Kami mengkritik pemerintah Jokowi-JK yang hanya puas dengan upaya-upaya mempercepat pembangunan infrastruktur, ekonomi," tambah koordinator Kontras, Yati Andriyani. (ren)

Presiden Jokowi, Ketua MPR dan Para Menteri yang Bermalam di Titik Nol IKN

Kemah Jokowi dan Tanah Gusuran Ahok di IKN

Presiden Jokowi, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah menteri kabinet ikut bermalam di tenda yang ada di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022