Khofifah Bersiap Daftar ke KPU, Eks Seterunya Ikut Mengantar

Massa pendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak di kantor KPU Jawa Timur di Surabaya pada Rabu, 10 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak, bersiap mendaftar ke kantor Komisi Pemilihan Umum setempat di Surabaya pada Rabu, 10 Januari 2018. Dua titik kumpul telah dipenuhi massa pendukung Khofifah-Emil.

Khofifah Lebih Nyaman Berduet Dengan Emil di Pilkada Jatim, Gerindra Bahas Bersama KIM

Massa pertama berkumpul di Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo, Surabaya. Di pesantren asuhan KH Asep Saifuddin Chalim itu, Khofifah-Emil, koalisi partai pengusung dan puluhan elemen relawan berkumpul dan menggelar istighasah.

Massa kedua berkumpul di kantor KPU Jatim Jalan Tenggilis 1 Surabaya. Ratusan relawan telah berbaris menanti rombongan Khofifah-Emil. Massa di KPU mayoritas memakai atribut berkelir logo Nasdem dengan gambar wajah Khofifah-Emil. Hampir semua yang berbaris membawa poster bergambar jagoan mereka.

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

Berdasarkan pengamatan VIVA, jalan menuju kantor KPU telah ditutup. Hanya kendaraan yang berkepentingan dibolehkan melintas. Sementara puluhan polisi dan TNI berjaga-jaga tepat di depan kantor KPU.

Seorang anggota tim pemenangan Khofifah-Emil, Ari Kusuma mengatakan, bahwa selain dari partai pengusung, ada 37 elemen relawan yang akan ikut mengantarkan jagoannya dengan jumlah sekira 2.500 orang. Menuju kantor KPU, Khofifah-Emil akan diarak dengan kesenian tradisional dari seluruh kawasan di Madura.

PKB Bikin Strategi Untuk Kalahkan Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jawa Timur

Semua pimpinan partai pengusung, kata Ari, juga akan hadir. Dari Partai Demokrat, misalnya, akan mengantar langsung Ketua dan Sekretaris DPD Demokrat, Soekarwo dan Renville. Soekarwo adalah gubernur yang masih aktif menjabat sekaligus seteru Khofifah dalam dua Pemilihan Gubernur Jawa Timur, yakni pada 2008/2009 dan 2014.

"Semua pimpinan partai hadir, kecuali Golkar, sekretarisnya yang mengantar, karena Ketua Golkar Jatim, Pak Nyono, berbarengan daftar sebagai calon bupati di Jombang," kata Ari.

Khofifah-Emil didukung tujuh partai, yakni Demokrat, Golkar, Hanura, Nasdem, PPP, PAN, dan satu partai nonparlemen, PKPI. Pesaingnya ialah Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, yang dikabarkan telah menemukan pasangan calon wakil, yakni Puti Guntur Soekarno. Pasangan itu diusung PKB, PDIP, PKS, dan dikabarkan Gerindra menyusul. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya