Ajudan Novanto Mangkir Diperiksa, KPK Minta Tolong Kapolri

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.
Sumber :
  • ?ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Komisi Pemberantasan Korupsi menyurati Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian untuk memeriksa anak buahnya bernama Reza Pahlevi yang merupakan ajudan Setya Novanto. 

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Reza rencananya diperiksa atas dugaan menghalangi penyidikan kasus korupsi e-KTP yang sebelumnya juga dilakukan terhadap Fredrich Yunadi dan seorang dokter Bimanesh Sutarjo. 

"Penyidik telah menjadwalkan ulang pemanggilan terhadap saksi Reza Pahlevi yang tidak hadir dalam agenda pemeriksaan Rabu, 10 Januari 2018," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Sabtu 13 Januari 2018. 

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Menurut Febri, pemeriksaan ulang bagi Reza akan dilakukan, Senin 15 Januari 2018. Surat yang disampaikan kepada Kapolri ini juga ditembuskan kepada Kepala Divisi Propam Mabes Polri Irjen Martuani Sormin. 

Ia berharap, dengan surat permohonan yang sudah dikirim kepada pejabat Polri itu bisa memeriksa perwira menengahnya yang diketahui berpangkat Ajun Komisirasi Polisi. 

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

"KPK juga surati Kapolri dan Kadiv Propam Polri untuk minta bantuan menghadirkan saksi ke KPK," kata dia. 

Sebelumnya, Kepala Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto, menyatakan bahwa Reza Pahlevi tidak terlibat dalam perkara hukum yang disangkakan kepada Setya Novanto. Reza hanya mengawal mantan Ketua DPR itu selayaknya polisi lain dalam hal pengamanan bagi pejabat negara.

Blanko kosong e-KTP sebelum diisi dengan data warga.

Pemprov DKI Siapkan 5 Juta Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula di Pilkada 2024

Ketersediaan blanko e-KTP beberapa bulan sebelum pencoblosan Pilkada 2024 bisa meminimalisasi penggunaan suket pemilih.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024