Din Sebut Politik Identitas di Pilkada Wajar Saja

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsuddin,
Sumber :
  • Nur Faishal/Surabaya

VIVA - Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengingatkan pilkada 2018 bisa saja diwarnai oleh konflik. Oleh karena itu, dia meminta aparat kepolisian dan pihak-pihak lainnya untuk waspada.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

"Potensi itu pasti ada," kata Din di Kampus UMY, Yogyakarta, Rabu, 14 Maret 2018.

Menurutnya, dalam pilkada menonjolkan politik identitas adalah hal yang wajar. Namun demikian, tidak menampilkan wajah ekstrem dan absolutisme serta tidak boleh "pokoke".

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

"Ya kalau semua pokoke, ya sudah," katanya.

Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban juga mengatakan rakyat Indonesia sudah cerdas dalam menghadapi pilkada karena sejumlah daerah juga telah melaksanakan pilkada sehingga dengan kedewasaan itu pilkada akan berjalan baik.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Ya potensi konflik ada tapi pilkada akan berjalan lancar," katanya.

Pilkada sendiri akan terjadi konflik etik penyelenggara pemilu, peserta pemilu dan pemerintah tidak bisa berbuat adil bahkan curang. "Kuncinya satu harus bisa bertindak adil," tuturnya.

Pada 2018, sebanyak 171 wilayah menggelar pilkada secara serentak. Dari jumlah itu, yang menjadi perhatian adalah pilkada di Pulau Jawa, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya