Survei: Calon Petahana Unggul di Pilkada Lampung

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengelus seorang anak yang menonton.
Sumber :

VIVA - Pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1 dalam Pilgub Lampung 2018, Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, unggul dalam segala aspek. Berdasarkan hasil survei Charta Politika yang dilakukan pada 6-11 Maret 2018 itu, responden mengaku puas dengan hasil kerja paslon tersebut.

Moncer di Quick Count, Dawam-Azwar Diprediksi Menangi Pilkada Lamtim

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, mengatakan dari aspek evaluasi masyarakat terhadap kinerja itu, sebanyak 64,9 persen menyatakan puas. Responden yang menyatakan tidak puas mencapai 28,9 persen.

"Dan tidak puas sama sekali mencapai 3,4 persen," kata Yunarto dalam siaran persnya, Rabu, 21 Maret 2018.

Untung Rugi Pilkada Langsung dan Tak Langsung

Baca juga: Saat SBY Ditantang Gelar Konvensi untuk Pilpres 2019

Yunarto melanjutkan pada aspek elektabilitas, paslon berjargon Ridho Berbakti Jilid II itu juga mengungguli tiga paslon lain, yakni mencapai 35,1 persen. Sedangkan paslon lain yakni, Herman HN-Sutono mencapai 26,3 persen, Arinal-Nunik (13,1 persen), dan Mustafa-Ahmad Jajuli (11,3 persen) serta menyatakan tidak tahu mencapai 14,2 persen.

Pilkada ala Orba

Kemudian pada tagline (jargon), pasangan calon petahana itu pun unggul mencapai 81,8 persen. Paslon Herman HN-Sutono hanya mencapai 59,3 persen, Arinal-Nunik (56,1 persen) dan Mustafa-Ahmad Jajuli (69,1 persen).

Survei ini menggunakan kuisioner terstruktur dengan sampel sebanyak 800 responden di delapan daerah pemilihan (dapil) di Lampung. Metode yang digunakan yakni metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error 3,46 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di Pilkada Lampung, ada empat pasangan calon. Mereka adalah Herman HN-Sutono yang diusung PDIP, Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim yang diusung Golkar dan PKB, Mustafa-Ahmad Jajuli yang diusung Nasdem, PKS dan Hanura, kemudian M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri yang diusung Demokrat, PPP, PAN dan Gerindra. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya