Rekaman Rini-Dirut PLN Diduga Terkait Dirut Pertamina

Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA – Rekaman percakapan antara Menteri BUMN, Rini Soemarno dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir menjadi viral. Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan Pasaribu mempertanyakan motif penyebaran rekaman yang menurutnya menarik disoroti.

Rekam Jejak Darmawan Prasodjo, Bos Baru PLN Pengganti Zulkifli Zaini

"Ya kalau betul, sekali lagi kalau betul bahwa percakapan setahun yang lalu, kok sekarang dimunculkan? Kenapa enggak begitu ada ketemu," kata Gus saat dihubungi, Senin 30 April 2018.

Gus menilai hal itu mungkin karena terkait dengan jabatan di Pertamina. Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra ini mengaku mendengar kabar kalau Sofyan salah satu kandidat Dirut Pertamina yang baru, pengganti Elia Massa Manik.

Erick Thohir Angkat Darmawan Prasodjo Jadi Dirut PLN

"Makanya mungkin saja itu yang dilihat sehingga dia jadi salah satu kandidat masuk ke Pertamina. Nah ini diledakkan," ujar Gus.

Menurut Gus, tak mengherankan jika memang ada pihak-pihak yang bermain terkait jabatan dirut Pertamina. Menurut dia posisi itu jadi seksi dimainkan para mafia migas. "Jadi jangan-jangan ini mainan dari mafia migas," kata Gus.

Mengenal Sosok Zulkifli Zaini, Dirut PLN yang Baru

Sebelumnya, Kementerian BUMN memberikan klarifikasi terkait beredarnya rekaman antara Rini dan Sofyan. Sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto Putro membenarkan rekaman tersebut memang antara Rini dan Sofyan.

Menurutnya, pembicaraan itu terjadi setahun lalu terkait diskusi tentang rencana investasi proyek penyediaan energi yang melibatkan PLN dan Pertamina. Selengkapnya di tautan ini.

Wakil Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo.

Politikus PDIP Anggap Darmawan Prasodjo Mumpuni sebagai Dirut PLN

Dengan kepemimpinan baru PLN dibawah Darmawan Prasodjo, diharapkan mampu membuat terobosan baru untuk rakyat

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2021