Diduga Lakukan Pelanggaran, Bawaslu Selidiki PSI

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie (tengah)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menyatakan pihaknya tengah melakukan penyelidikan dugaan iklan kampanye yang dilakukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

"Sekarang penyidikan sedang dilakukan teman-teman Bawaslu DKI, nanti mereka akan melaporkan ke Bawaslu RI," kata Rahmat di Jakarta, Rabu 2 April 2018.

Rahmat mengungkapkan pihaknya juga mendapat laporan pelanggaran yang dilakukan PSI, juga dilakukan di daerah lain selain DKI Jakarta. Rahmat mempersilakan Bawaslu daerah menindaklanjuti dugaan pelanggaran tersebut.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

"Kalau mereka (Bawaslu daerah) mau panggil juga silakan enggak ada masalah," ujarnya.

Rahmat memastikan Bawaslu  juga akan melakukan pengusutan, karena Bawaslu  juga mendapat laporan atas dugaan pelanggaran kampanye.

Timsel Serahkan Daftar Nama Calon Anggota KPU dan Bawaslu ke Jokowi

"Bawaslu RI melakukan penyelidikan sendiri, nanti kan akan masuk dari DKI ke pusat. Nanti setelah ini baru kita satukan di sentra Gakkumdu nanti ketemu, akan dilaporkan ke kami nanti akan disatukan. Setelah itu baru sanksi," katanya.

Petugas KPU Masukkan Dokumen ke Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap

Caleg DPRD DKI Golkar Adukan Dugaan Penggelembungan Suara ke Bawaslu

Dua calon legislatif (caleg) Partai Golkar Muhammad Anwar dan Avner Kadriatama Raweyai melaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI mengenai dugaan politik uang.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2024