Maraknya Politik Tagar Dinilai karena Murah Meriah

Analis komunikasi politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto dalam sebuah diskusi
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri

VIVA – Analis komunikasi politik UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto menilai, perang tagar di antara kubu pendukung Joko Widodo dengan Prabowo Subianto merupakan bagian dari perubahan konteks sosial politik yang sangat dinamis saat ini.

Heboh, Tengku Zul Disebut Rasis

"Dan ini sebenarnya fenomena biasa saja. Tagar ini adalah ekspresi simbolik. Misal ada yang tertarik ganti presiden dan ada yang tetap lanjutkan," kata Gun Gun di Cikini, Jakarta, Sabtu, 5 Mei 2018.

Gun Gun melihat, dalam konteks demokrasi penggunaan tagar bukan hal yang negatif. Dia menilai tagar juga bisa menggairahkan partisipasi politik warga negara. "Jadi merasa warga itu bisa menjadi bagian dalam proses-proses ini. Proses ini maksudnya adalah pemilu," ujarnya.

Tagar #UGMBohongLagi Trending Twitter, Begini Respons Rektor

Massa #DiaSibukKerja bertemu dengan massa dengan kaus #2019GantiPresiden

Kelompok #2019GantiPresiden dan kelompok pendukung Jokowi, #DiaSibukKerja di arena car free day, Minggu, 29 April 2018.

Selamat Ulang Tahun Taylor Swift!

Dia menilai, relawan saat ini diuntungkan dengan mobilisasi massa melalui penggunaan tagar sehingga mobilisasi atau kampanye tak harus melalui media yang mainstream.

"Relawan timses juga diuntungkan dengan ini, murah meriah, mobilisasi luar biasa, sebenarnya bisa menjadi ceruk yang sangat potensial," kata Gun Gun.

Namun, Gun Gun mengingatkan media sosial saat ini bisa menampakkan dua rupa. Selain punya manfaat baik, juga punya potensi untuk menimbulkan dampak yang buruk.

"Di sisi lain harus mengantisipasi paradoks yang muncul. Misalnya muncul black propaganda, black campaign, character assasination, intimidasi, persekusi," ujarnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya