Median: Elektabilitas Oded-Yana Unggul di Pilwakot Bandung

Pasangan calon Oded-Yana
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis hasil riset terbaru yang menyatakan duet calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Daniel-Yana Mulyana unggul atas dua pasangan rivalnya. Elektabilitas duet yang diusung PKS-Gerindra ini memperoleh 42 persen.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, mengatakan elektabilitas Oded-Yana menyisihkan pasangan Nurul Rifin-Chairul Yaqin yang meraih 30,5 persen.

"Di tempat ketiga ada pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna dengan 16,9 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 10,6 persen," kata Rico dalam keterangannya, Sabtu, 23 Juni 2018.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Rico menjelaskan dalam survei, responden diajukan dengan kalimat siapa yang akan dipilih jika pilkada dilakukan saat ini?. Merujuk survei, elektabilitas duet Oded-Yana sementara ini masih unggul.

Alasan keunggulan Oded-Yana karena punya kelebihan dari figur Oded. Publik menilai kinerja Oded positif selama menjadi wakil Wali Kota Bandung.

Airlangga: RK Kader Golkar yang On The Way Pilgub Jakarta, Atalia Pilwakot Bandung, Airin Banten

"Masyarakat Kota Bandung merasa puas dengan kinerja Oded selama menjadi wakil Wali Kota Bandung cukup tinggi, yaitu 68,5 persen. Sedangkan yang tidak puas hanya 18,9 persen," sebut Rico.

Kendati demikian, dinamika Pilkada Kota Bandung masih cair dan segala kemungkinan bisa terjadi. Mengingat jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan masih sekitar 10,2 persen.

Median menggelar survei ini dengan wawancara dan pengumpulan data dari 19-22 Juni 2018. Dalam survei ini, jumlah sampel yang diambil sebanyak 800 responden, menggunakan metode multistage random sampling, dan margin of error sebesar 3,4 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya