Airlangga: RK Kader Golkar yang On The Way Pilgub Jakarta, Atalia Pilwakot Bandung, Airin Banten

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Partai Golkar siap menunjuk kader terbaiknya untuk maju dalam kontestasi Pilkada serentak 2024. Salah satu kader yang disiapkan adalah eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias RK untuk maju di Pilkada Jakarta.

Sinyal Siap Lawan Menantu Jokowi, Ijeck: Kita Mau Bersaing Secara Sehat

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengaku telah menugaskan RK untuk bertarung dalam Pilgub Jakarta pada November 2024 mendatang.

"Untuk DKI, Golkar sudah mengeluarkan surat penugasan kepada kader yang on the way ke Jakarta, Pak Ridwan Kamil. Nah, kami masih nunggu kapan akan sampai Jakarta," kata Airlangga, Minggu 7 April 2024.

Ijeck dan Bobby Nasution Bertemu di Jakarta Bahas Pilkada Sumut 2024, Ini Hasilnya

Sementara, Golkar juga sudah mengintruksikan istri RK, Atalia Praratya bakal maju dalam pemilihan Wali Kota Bandung.

Airin Rachmi Diany

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Airlangga menambahkan, pihaknya buka peluang kerja sama dengan partai lain dalam Pilkada nanti. Namun, menurut dia, yang diutamakan kerja sama dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang merupakan pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

"Jawa Barat Bu Atalia akan maju sebagai Wali Kota. Tapi ini masih menunggu perkembangan," katanya.

Airlangga mengaku kalau partainya telah memetakan sejumlah kader untuk maju dalam Pilkada 2024. Ia memetakan seperti Airin Rachmi Diany untuk Pilgub Banten, Khofifah Indar Parawansa di Jawa Timur. Sedangkan, untuk wilayah Jawa Tengah masih terbuka.

"Banten kita sudah bulat pada ibu Airin. Jawa Timur juga Ibu Khofifah," ujarnya.

Untuk diketahui, jadwal pemungutan pilkada serentak nanti akan digelar pada 27 November 2024. Sebanyak 37 provinsi akan memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2024-2029. Lalu, 508 kabupaten/kota juga serentak menggelar pilkada.
 
“Pelaksanaan pilkada tahun ini rencananya akan digelar nanti pada tanggal 27 November 2024,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asyari, 1 April 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya