Zulkifli Hasan: Kampus Jangan Jauh dari Rakyat

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan kampus dan mahasiswa harus dekat dan jadi bagian dari rakyat. Jangan sampai kampus justru berjarak dan tidak paham persoalan rakyat sehari-hari.

PAN Putuskan Setuju Pemilu 2024 Ditunda

"Kenapa dalam tri dharma perguruan tinggi ada bagian pengabdian kepada masyarakat? Karena keberadaan kampus memang seharusnya memberi manfaat untuk rakyat, bukan sebaliknya malah menjauh dari rakyat," kata Zulkifli, melalui keterangan tertulisnya, Senin, 23 Juli 2018.

Karena itu, Zulkifli meminta kampus dan mahasiswa berani menyuarakan persoalan yang dialami rakyat sehari-hari. "Kampus dan mahasiswa harus berani suarakan keresahan rakyat," ujarnya.

Zulkifli Hasan soal Minyak Goreng: Presiden Sudah Dua Kali Perintah

Zulkifli juga mengingatkan berjayanya suatu negara bukanlah terletak pada ketergantungan potensi sumber daya alam yang dimiliki, bukan pula terlihat kaya atau tidaknya negara tersebut.

"Akan tetapi negara itu akan berjaya tergantung pada sumber daya manusia yang mengurusnya, SDM juga tergantung pada pendidikan, dan pendidikan akan maju tergantung pada kampusnya," katanya.

PAN Diminta Usung Tokoh Islam Jadi Capres 2024

Karena itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini mendorong agar di era disrupsi digital inovasi, kreatifitas, riset maupun temuan dari kampus harus berdaya-guna untuk membantu persoalan yang dialami masyarakat.

"Berikan karya-karya terbaik dari apa yang dipelajari di kampus untuk menolong masyarakat meningkatkan taraf hidupnya," tuturnya.

Zulkifli Hasan

Ketum PAN Zulhas Bantah Ketemu Jokowi Bahas Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan bakal melakukan reshuffle kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022