Jika Prabowo Pilih AHY, PAN-PKS Bisa Bubar

AHY dan Prabowo.
Sumber :
  • IG AHY

VIVA –  Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding memprediksi, bila hasil Pertemuan SBY dengan Prabowo malam tadi menyepakati paket Prabowo-AHY sebagai pasangan capres dan cawapres dalam Pemilu 2019 mendatang, maka koalisi Gerindra-PKS akan bubar.

LSI Denny JA: Pengguna FB Mayoritas Pilih KIB Ketimbang Koalisi Lain

Menurutnya, jika AHY yang akan berpasangan dengan Prabowo maka kemungkinan besar PAN bisa ke Jokowi. Bahkan PKS juga punya peluang ke Jokowi," kata Karding usai diskusi denga tema "Menyelamatkan Industri dan Pekerja Rokok Kretek Tangan" di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.  

Anggota Komisi III DPR RI ini menambahkan, dengan menyandingkan AHY sebagai Wakil Presiden Prabowo, maka bubarnya koalisi Gerindra bisa terjadi karena target PAN dan PKS tidak sesuai.

Utak Atik Poros 2024: Baru PDIP dan KIB yang Punya Tiket Capres

"Target teman-teman PKS salah satunya adalah target Wapres. Tapi ini pandangan pribadi ya," ujarnya.

Dengan kondisi tersebut, menurut Karding, PAN dan PKS akan bergabung dengan kubu, Jokowi. "Kalau Pak Jokowi menang, minimal menteri dapat," ujarnya.

Umbar Setia Tak Akan Tinggalkan KIB, PPP: Kami Garansi

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono mengaku sulit berkoalisi dengan barisan pendukung Joko Widodo karena banyak kendala.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Peta Koalisi 2024 Dinamis, Poltracking: Negosiasi 'Kue' Politik Tak Kunjung Matang

Peta koalisi Pilpres 2024 dinilai masih dinamis selama belum masuk pendaftaran capres dan cawapres pada Oktober 2023. Sebelum pendaftaran, semua masih 'wait and see'.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023