Mengintip Agenda Jokowi dan Ketum Parpol Koalisi Jelang Daftar Pilpres

Romahurmuziy (kanan) saat pertemuan Jokowi dengan para petinggi partai koalisi.
Sumber :
  • Biro Pers Istana.

VIVA – Presiden Joko Widodo serta para petinggi dari setiap parpol anggota koalisi pendukung direncanakan bertemu Kamis, 9 Agustus 2018. Menurut Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, pertemuan beragendakan finalisasi pencalonan Jokowi sebagai Presiden 2019-2024.

LSI Denny JA: Pengguna FB Mayoritas Pilih KIB Ketimbang Koalisi Lain

"Sebelum pendaftaran, itu akan dilakukan pertemuan antara Pak Jokowi sebagai calon presiden, dengan seluruh ketua umum partai politik, sekjen," ujar Hasto di depan kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Hasto menyampaikan, Jokowi dan seluruh petinggi parpol akan menandatangani dokumen yang selanjutnya diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai syarat pendaftaran. Adapun, lokasi dan waktu pertemuan masih akan disesuaikan dengan agenda kerja Jokowi.

Utak Atik Poros 2024: Baru PDIP dan KIB yang Punya Tiket Capres

"Namanya pertemuan bersama, kami menyesuaikan dengan agendanya Pak Jokowi, dan agenda seluruh ketua umum partai," ujar Hasto.

Hasto memastikan bahwa pengambilan keputusan tentang cawapres akan dilakukan saat pertemuan itu. Selain itu, para petinggi akan mengambil keputusan terkait langkah untuk mengumumkan nama cawapres, atau langsung melakukan pendaftaran ke KPU pada Jumat, 10 Agustus 2018.

Umbar Setia Tak Akan Tinggalkan KIB, PPP: Kami Garansi

"Nanti kami hitung-hitung (strategi), kemudian ambil keputusan bersama-sama dengan ketua umum," ujar Hasto.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Peta Koalisi 2024 Dinamis, Poltracking: Negosiasi 'Kue' Politik Tak Kunjung Matang

Peta koalisi Pilpres 2024 dinilai masih dinamis selama belum masuk pendaftaran capres dan cawapres pada Oktober 2023. Sebelum pendaftaran, semua masih 'wait and see'.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023