Menteri PAN Asman Abnur Mundur dari Kabinet Jokowi

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mundur dari kabinet Joko Widodo. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi.

Asman Abnur Mundur dari Caketum PAN

"Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Asman Abnur. Beliau menyatakan mundur dari kabinet pemerintahan Jokowi," kata Yoga saat dihubungi VIVA, Selasa, 14 Agustus 2018.

Yoga menuturkan alasan mundurnya Asman. Menurutnya, keputusan itu karena Asman tidak akan mau membebani pemerintahan Jokowi.

Daftar Jadi Bakal Caketum PAN, Asman Abnur Pede Raih Dukungan

"PAN telah mengusung pasangan calon di pilpres, Pak Prabowo-Sandi," kata Yoga lagi.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam itu menuturkan langkah Asman itu merupakan bagian dari penegakan etika politik dan sopan santun. Dia dalam posisi menjaga fatsun politik.

Pendukung Asman Abnur Minta Jadwal dan Lokasi Kongres PAN Dievaluasi

"Pak Asman adalah salah satu kader terbaik PAN. Partainya mengusung calon yang lain, karena itu Pak Asman mohon izin pada kabinet. Itu bagian dari fatsun atau etika dalam kehidupan berdemokrasi," tuturnya.

Ditanya soal apakah pernyataan mengundurkan diri itu sudah disampaikan ke pihak Jokowi, Yoga mengatakan bahwa tadi pagi Asman sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Tapi, dia mengaku tidak tahu secara teknis.

Lantas, apakah pengunduran diri itu karena tekanan dari pemerintah?

"Menurut saya itu dari Pak Asman sendiri, setelah pendaftaran pilpres di KPU kemarin," jawab Yoga. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya