Dana Kampanye Prabowo-Sandiaga Rp2 Miliar, Hasil Patungan Berdua

Calon wakil presiden Sandiaga Salahuddin Uno melaporkan dana kampanyenya kepada KPU di Jakarta pada Minggu, 23 September 2018.
Sumber :
  • VIVA/Årrijal Rachman

VIVA – Tim pemenangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno melaporkan dana kampanyenya kepada Komisi Pemilihan Umum pada Minggu, 23 September 2018. Pasangan calon itu memiliki dana awal Rp2 miliar.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Pelaporan disampaikan langsung Sandiaga Salahuddin Uno bersama Sudirman Said dan Dahnil Anzar Simanjuntak, koordinator juru bicara Prabowo-Sandiaga, serta beberapa elite partai koalisi lain. 

Danhil menjelaskan, laporan dana awal kampanye yang sebesar Rp2 miliar itu berasal dari kantong pribadi Prabowo dan Sandiaga. Belum ada dana yang masuk dari pihak ketiga atau pihak lain.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

"Saldonya Rp2 miliar, dan ini berasal dari dua orang penting dari republik ini. Satu miliar dari Prabowo, satu miliar lagi dari Sandiaga Uno. Jadi patungan semiliar-semiliar," katanya saat ditemui wartawan di kantor KPU.

Dana kampanye akan dimaksimalkan bersumber dari kedua pasangan calon. Hal itu supaya pemerintahan yang akan dibentuk setelah Pemilu 2019 dimenangkannya tidak diatur-atur oleh lain pihak.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

"Insya Allah pasangan ini tidak akan mau menggadaikan dirinya ke cukong atau lainnya yang mau mengatur pemerintahan ini nantinya. Di awal Bang Sandi dan Pak Prabowo nyatakan siap melawan bandit, rente, atau political rente," ujar Dahnil.

Meski begitu, dia mengaku bahwa dana dari pihak lain tetap akan terbuka. Namun harus sesuai dengan aturan main yang telah ditentukan, yakni kejelasan identitas sumber dan kejelasan tujuan. Maka dana kampanye itu masih berpotensi naik.

Untuk laporan awal dana kampanye kedua pasangan calon itu jauh lebih kecil dibandingkan laporan awal dana kampanye pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang mencapai Rp11,4 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya