Reses Selesai, Ketua DPR Belum Terima Surat PAN soal Pengganti Taufik

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :

VIVA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sudah menggelar rapat paripurna pembukaan pasca reses. Namun, Ketua DPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan hingga kini belum menerima surat dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) terkait pergantian Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan yang terjerat kasus suap.

Suap APBN Papua Barat, Legislator PAN Sukiman Divonis 6 Tahun Penjara

Bamsoet menekankan, pimpinan DPR saat ini posisinya hanya tinggal menunggu. "Sampai hari ini saya belum menerima, atau kami pimpinan belum menerima secarik surat pun dari Fraksi PAN," kata Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Rabu 21 November 2018.

Ia menambahkan, persoalan pergantian pimpinan tersebut memang menjadi kewenangan Fraksi PAN. Pimpinan DPR tak punya kewenangan turut campur dalam proses pergantian Taufik.

Politisi PDIP Didakwa Terima Suap Impor Bawang Putih Rp3,5 Miliar

"Posisi kami adalah menunggu karena sepenuhnya adalah kewenangan dari Fraksi PAN," tutur politikus Golkar itu.

Taufik Kurniawan sebelumnya sudah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai tersangka dugaan suap pengurusan dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Kebumen tahun 2015-2016.

Politikus PAN Sukiman Didakwa Terima Suap Rp2,65 Miliar

Hal itu berdasarkan hasil ekspose KPK menyusul proses pengembangan perkara yang lebih dulu menjerat Bupati nonaktif Kebumen, Yahya Fuad.

Beredar sejumlah nama kuat sebagai pengganti Taufik Kurniawan untuk menjadi wakil ketua DPR. Mereka di antaranya Hanafi Rais yang merupakan putra Amien Rais, Viva Yoga Mauladi, dan Mulfachri Harahap. Keduanya merupakan wakil ketua umum PAN.

Tersangka kasus tindak pidana korupsi yang telah ditahan oleh KPK diborgol saat akan menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta

Suap Bowo Sidik, Eks Bos Humpuss Transportasi Kimia Dituntut 2 Tahun

Taufik dinilai terbukti suap eks anggota DPR Bowo Sidik Pangarso melalui orang kepercayaannya. Taufik juga didenda Rp100 juta.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2020