Prabowo-Sandiaga Tak Akan Hadiri Penetapan Presiden Terpilih di KPU

Prabowo-Sandiaga Uno.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Politikus Partai Gerindra, Hendarsam Marantoko, memastikan Prabowo Subianto tak hadir dalam gelaran rapat pleno penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih di Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok, Minggu, 30 Juni 2019. Keduanya disebut memiliki agenda lain yang tak bisa ditinggalkan. 

Presiden Jokowi Tekankan Tiga Hal Ini pada Pertemuan Bilateral dengan Presiden Fiji

"Tidak hadir, dua-duanya enggak hadir, yang konfirmasi Pak Prabowo. Pak Sandi kemungkinan juga tidak akan hadir, karena sudah ada agenda sebelumnya yang tidak bisa diganti atau diubah," kata Hendarsam di Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Juni 2019. 

Menurutnya, esensi penetapan capres dan cawapres itu merupakan tahapan yang lumrah dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum. Sehingga, tidak ada urgensi bagi Prabowo-Sandi untuk menghadirinya. 

Bertemu PM Tajikistan, Jokowi Bahas Kerjasama Pengelolaan Air Bersih

"Itu (memang) penting tapi bukan merupakan suatu hal yang luar biasa untuk menghadirinya," ucapnya. 

Namun, pada saat pelantikan di Oktober 2019 nanti, lanjut dia, Prabowo kemungkinan besar akan hadir seperti tahun 2014 lalu, saat Joko Widodo dilantik bersama wakilnya, Jusuf Kalla. 

Presiden Joko Widodo Sempatkan Gelar Pertemuan Bilateral dengan Sri Lanka Saat KTT WWF 2024

"Kemungkinan datang saat pelantikan, karena lebih sakral dan (akan) ucapkan selamat ke Jokowi-Ma'ruf. Pak Prabowo datang saat pelantikan dulu (2014), itukan sudah menunjukkan Pak Prabowo sangat sportif dan sangat kesatria. Jadi di momen tepat," ucap dia. 

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum bakal menggelar rapat pleno penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Minggu, 30 Juni 2019. Kepolisian bersama TNI pun akan menurunkan sekitar 10 ribu personel gabungan untuk pengamanan di lokasi. Rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan secara situasional jika ada kegiatan unjuk rasa. (ase)

Peramal Hard Gumay

Ramalan Hard Gumay 2024: Pemerintah Prabowo - Gibran Hati-Hati, Kenapa?

Memasuki pertengahan 2024, akankah ada peristiwa besar lagi yang terjadi di tahun ini? Terkait hal itu, Hard Gumay sempat menyoroti tentang kondisi politik di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024