Indonesia-Brazil Resmikan Grup Kerja Sama Bilateral

Ilustrasi kerjasama bilateral: Kerjasama Bilateral Indonesia-Oman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA – DPR RI bersama Parlemen Brazil meresmikan Friendship Group atau Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara kedua parlemen. Adanya peresmian tersebut, diharapkan dapat memperkokoh hubungan bilateral Indonesia – Brazil di berbagai bidang.

Negara-negara di Dunia Diingatkan Tak Terjerat Utang China Berbalut Kerja Sama

Demikian mengemuka dalam pertemuan Delegasi DPR RI yang dipimpin Anggota DPR RI Mukhamad Misbakhun dengan Parlemen Brazil yang diwakili Eduardo Bolsonaro. Pertemuan berlangsung di Gedung Parlemen Federal Brazil di Brasilia, Selasa (9/7/2019).

“Grup Kerja Sama Parlemen kedua negara akan dapat membantu kelancaran setiap kerja sama kedua negara di bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, pertahanan sesuai kewenangan pihak parlemen,” ungkap Misbakhun saat pertemuan berlangsung.

Indonesia Ajak Vietnam Kembangkan Kendaraan Listrik

Dirinya juga menyinggung tema pemindahan ibu kota Brazil dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Berhubung Pemerintah RI saat ini sedang mempertimbangkan kemungkinan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke luar pulau Jawa. Menurutnya, DPR bisa belajar dari Brazil dalam hal pemindahan ibu kota negara. Dimana Brazil terbilang sukses dalam pemindahan ibu kotanya, yaitu dari Rio De Janeiro ke Brasilia.

Sementara itu, Eduardo Bolsonaro yang juga anak Presiden Brazil ke-38, Jair Bolsonaro, dalam sambutannya memuji kebijakan Pemerintah Indonesia dalam pemberantasan narkoba. Sama seperti DPR RI, ia berharap grup kerjasama parlemen kedua negara dapat semakin meningkatkan hubungan bilateral di berbagai bidang.

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

Pada kesempatan tersebut, Delegasi GKSB DPR RI berkesempatan meninjau langsung jalannya sesi Sidang Paripurna DPR Brazil yang sedang membahas Reformasi Kesejahteraan Sosial (Reforma da Previdência) yang merupakan Proyek Reformasi UU diajukan pemerintah Presiden Bolsonaro ke Parlemen.

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali hadiri Indo-Pacific Sea Power di Australia

Lawatan ke Australia, KSAL Muhammad Ali Hadiri Forum Indo-Pacific Sea Power Conference

Membahas isu-isu strategis di kawasan Indo-Pacific

img_title
VIVA.co.id
9 November 2023