Beredar Lagi Isu Liar Susunan Menteri Jokowi, Ada Anak Hary Tanoe

Draf isu liar susunan menteri Jokowi-Ma'ruf Amin
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Beredar lagi draf susunan nama menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Kali ini, dalam draf dengan kop Koalisi Indonesia Maju berlogo Garuda terdapat sejumlah elite dari partai politik yang gagal ke parlemen.

Golkar Minta 5 Jatah Menteri, Demokrat Pasrah pada Prabowo

Draf dokumen ini beredar luas di layanan aplikasi WhatsApp. Dikutip dari draf tersebut, tertulis ‘Risalah Rapat Pengangkatan Nama-nama Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024 Masa kepemerintahan Ir. H. Joko Widodo dan Prof Dr. KH Maruf Amin bersama partai koalisi’.

Tertulis sejumlah figur elite partai pengusung Jokowi-Maruf seperti Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Ada Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto sebagai Menteri Dalam Negeri. Lalu, dua politikus PDIP lainnya seperti Rieke Diah Pitaloka ditulis sebagai Menteri Ketenagakerjaan dan Maruarar Sirait sebagai Sekretaris Kabinet.

Golkar Merasa Wajar jika Dapat 5 Kursi Menteri dalam Kabinet Prabowo-Gibran

Tak hanya itu, deretan politikus PDIP bertambah dengan adanya Pramono Anung ditulis sebagai Menteri Sekretaris Negara dan Eva Kusuma Sundari dengan posisi Menteri Koperasi dan UKM. Putra Megawati Soekarnoputri yaitu Muhamad Prananda Prabowo ditulis sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dari susunan nama ini, minim nama dari elite petinggi Partai Nasdem, PKB, PPP yang merupakan partai pengusung Jokowi-Ma'ruf.

Netralitas Jokowi saat Pemilu Disorot di Sidang PBB, Airlangga Bilang Begini

Namun, ada juga nama elite dari partai baru yang gagal lolos ke DPR seperti Ketua Umum PSI Grace Natalie yang ditulis sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dari Perindo bukan elite partai melainkan putri dari Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, Angela Herlina Tanoesoedibjo. Angela dalam draf surat itu ditulis sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kemudian, ada Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono yang tertulis sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Baca: Beredar Susunan Menteri Usai Jokowi-Prabowo Bertemu, PDIP: Orang Iseng

Dari kalangan profesional ada nama Mahfud MD sebagai Jaksa Agung. Ada juga nama Wisnutama. Selanjutnya, sejumlah menteri yang kembali menjabat seperti Ignasius Jonan yang tertulis sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Nama Susi Pudjiastuti juga ditulis sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Berikutnya, ada nama Sri Mulyani Indrawati yang dicantumkan sebagai Menteri Keuangan.

Di bagian akhir drat surat tersebut tertulis kalimat salinan resmi akan dikeluarkan pasca-pengumuman Kabinet Kerja Jilid II.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya