Puan Maharani Jadi Ketua DPR RI 2019-2024

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

VIVA – Rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) menetapkan Ketua dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024. Adapun Ketua DPR dijabat oleh Puan Maharani.

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

"Menetapkan untuk calon ketua dan wakil ketua DPR RI untuk periode 2019-2024," kata pimpinan sementara DPR Abdul Wahab Dalimunthe di Kompleks DPR, Selasa, 1 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Dalam rapat itu, Puan Maharani menjabat sebagai Ketua DPR dari Fraksi PDIP. Sementara Wakil Ketua DPR RI dijabat oleh Aziz Syamsudin dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Gerindra, dan Rahmat Gobel dari NasDem.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

"PKB belum. Jadi nanti satu jam lagi baru (ditetapkan)," ujarnya.

Adapun pengambilan sumpah atau janji sebagai pimpinan DPR lima tahun ke depan baru akan dilaksanakan pada Selasa malam dalam rapat paripurna. Pengambilan sumpah atau janji akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung M Hatta Ali.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

"Nanti malam jam 19.00 ada rapat paripurna untuk ambil sumpah janji ketua DPR yang definitif," ujar Abdul Wahab.

Seperti diketahui, Puan sebelumnya menjabat sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Kabinet Kerja I. Dia bersama Yasonna Laoly mengundurkaan diri sebagai menteri karena terpilih sebagai anggota legislatif periode 2019-2024.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024