Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA ke-44, Puan Maharani
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan kepada masyarakat pemudik untuk berkendara dan mengemudi secara berhati-hati dalam perjalanan karena akan ada jutaan orang yang akan mengisi arus mudik Hari Raya  Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

Menurutnya jutaan orang pemudik itu ada yang bakal memulai perjalanan pada Jumat (5/4) atau 'H-5' Lebaran 2024. Karenanya, dia pun meminta pemerintah untuk bisa menjaga arus mudik dan juga arus balik.

"Jadi antisipasi hal-hal yang memang harus dilakukan oleh semua stakeholder (pemangku kepentingan)," kata Puan usai memimpin Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 4 April 2024.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

Ilustrasi macet / mudik

Photo :
  • Bridgestone Indonesia

Dia mengatakan bahwa antisipasi itu perlu dilakukan hingga pekan depan, atau hingga arus balik berakhir. Selain pemerintah, dia meminta semua pemangku kebijakan pun menjalankan tugasnya dalam arus mudik ini.

Didominasi Produk Fashion, Lion Parcel Catat Lonjakan Pengiriman 40 Persen saat Ramadan 2024

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya menegaskan angka prediksi pergerakan orang saat libur Lebaran 2024 mencapai 193,6 juta orang berasal dari survei yang benar.

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik terjadi pada 'H-4' hingga 'H-2' Lebaran. Oleh karena itu, dia menyarankan agar masyarakat segera mudik sebelum puncak arus balik tersebut.

"Anjuran kita adalah mudik di 'H-5' dan seterusnya. Kita tahu cuti anak-anak tanggal 4-16 April, jadi memungkinkan kepulangan lebih awal kembalinya lebih akhir," tutur Budi.

(Ilustrasi) Kendaraan pemudik memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Selain itu, Kemenhub juga telah memetakan bahwa Tol Cipali, Pelabuhan Merak, dan Pelabuhan Ketapang menjadi tiga titik krusial pada masa angkutan arus mudik maupun balik Lebaran 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya