Bamsoet Sindir Kini Parpol Pragmatis, Pilih Ketum Bukan dari Kemampuan

Politisi Partai Golkar, Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Ketua DPR, Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyebut partai politik saat ini sudah pragmatis. Sindiran Bamsoet karena untuk menjadi ketua umum tak lagi dilihat kemampuan dan pengalaman memimpin.

Parlemen Arab Desakkan Investigasi Internasional Kejahatan Israel di Gaza

"Parpol sudah pragmatis. Memilih ketua umum tak lagi pada kemampuan dia memimpin, pengalaman dia memimpin, jam terbang dia memimpin, pikiran dia dalam membawa partai ke depan bagaimana" kata Bamsoet saat berpidato di kawasan Proklamasi, Jakarta, Kamis 22 Agustus 2019.

Dia mencontohkan ada d beberapa daerah yang rumah atau tokonya dijadikan kantor cabang pimpinan daerah. Figur pemilik rumah ternyata sekaligus menjadi ketua daerahnya.

Ekonom BCA Ramal Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,07-5,14 Persen

"Maka jangan berharap juga caketum-caketum partai yang tak memiliki modal. Bukan modal politik dan bukan modal sosial, modal ekonomi, jangan berharap terpilih jadi ketum parpol," kata Bamsoet.

Menurutnya, dampak dari persoalan ini diprediksi 5 sampai 10 tahun mendatang tak perlu mengirim kapal perang atau bom atom untuk menguasai Indonesia. Tapi hanya cukup menguasai parpol.

Irak Sahkan UU Anti LGBT, Melanggar Bisa Dipenjara 15 Tahun

"Kalau belum mampu punya tokoh, dia modali, tokoh yang di dalam. Dengan demikian 5 tahun ke depan anda bisa calonkan capres, calon bupati, walikota, gubernur," ujar politikus Golkar itu.

Ia menambahkan akan berbahaya bila partai politik telah dikuasai. Hal ini akan berimbas kepada parlemen. Bila parlemen telah dikuasai maka akan kuasai pasar.

"Anda kuasai pasar-pasar, maka akan kuasai ekonomi Indonesia. Itu bahayanya. Kita bersyukur ada ketua-ketua parpol yang nasionalismenya masih sangat tinggi," kata Bamsoet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya