Bamsoet Resmi Jadi Ketua MPR, Wakilnya Ada Ahmad Muzani

Bambang Soesatyo jadi Ketua MPR.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA – Paripurna penentuan pimpinan MPR kembali dilanjutkan dari sebelumnya diskors. Fraksi Gerindra sepakat mendukung calon Ketua MPR dari Golkar, Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

Dukung Presidential Club, Ketua MPR Singgung Dewan Pertimbangan Agung Era Orba

Dengan sikap Gerindra ini menegaskan 9 fraksi dan DPD mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR. Sebelumnya, paripurna sempat diawali dengan interupsi yang berujung diskors.

Pernyataan Gerindra disampaikan Ketua Fraksi di MPR, Ahmad Riza Patria yang setuju terhadap Bamsoet menjadi Ketua MPR.

MPR Segera Silaturahmi Kebangsaan ke Prabowo-Gibran

"Kami fraksi Gerindra sepakat dan setuju mendukung Pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR periode 2019-2024," kata Riza Patria dalam sidang paripurna, Kamis, 3 Oktober 2019.

Ia menambahkan dalam rangka memastikan tugas dan fungsi wewenang MPR berjalan di periode mendatang, Gerindra menyepakati musyawarag mufakat.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

"Hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dengan Ibu Megawati, maka Pak Prabowo dan Ibu Megawati bersepakat, untuk kepentingan yang lebih besar kami bersepakat untuk terus menjaga lembaga MPR ini dalam forum musyawarah" kata Riza.

Lalu pimpinan sidang Abdul Wahab Dalimunthe pun menanyakan persetujuan. "Apakah sudah setuju dengan pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR?" kata Wahab.

Lalu Riza pun menjawab. “Kami fraksi gerindra sepakat dan setuju usung Pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR RI 2019-2024.”

Paripurna berlanjut dengan pelantikan Bamsoet sebagai Ketua MPR. Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali membacakan sumpah pelantikan terhadap Bamsoet.

Selain Bamsoet, ada sembilan Wakil Ketua MPR yang juga dilantik yaitu Sembilan wakil ketua MPR itu adalah Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), Lestari Moerdijat (Nasdem), Jazilul Fawaid (PKB), Syarief Hasan (Demokrat) Hidayat Nurwahid (PKS),  Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP), Fadel Muhammad (DPD).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya