Mengenal Tiga Relawan Jokowi-Maruf dari Kalangan Pengusaha Wanita

Pelantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH.Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVAnews - Majelis Permusyawaratan Rakyat akhirnya melantik Jokowi-Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden untuk periode 2019-2024. Di tengah banyaknya relawan dan pendukung pasangan calon ini, ada satu organ relawan yang juga turut berperan.

Utut Adianto Deg-degan Pidato Perdana di PKS, Sindir PDIP Tak Punya Aturan Pilih Ketua Umum

Mereka adalah Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) yang dibentuk oleh Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2015–2019, Bahlil Lahadalia. Organisasi yang diketuai oleh Eka Sastra, dan menjabat sebagai Bendahara Umum, Afan Nugroho, itu merupakan kumpulan pengusaha muda Indonesia yang tergerak untuk lebih memperkuat barisan dan meramaikan wacana pilpres dengan fokus pada isu ekonomi dan program kerja yang telah dilakukan pemerintah.

Keberhasilan Repnas tentunya tidak lepas dari peran berbagai pihak, termasuk seluruh anggota Hipmi. Namun, di tengah banyaknya pendukung, ada tiga sosok penting yang semuanya wanita. Mereka adalah arsitek program Repnas, yang pada ujungnya turut memenangkan Jokowi-Maruf. Berikut ini ketiga orang tersebut:

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Irawati Muklas

Irawati Muklas, atau kerap dipanggil Ira merupakan pendiri dan pemilik perusahaan di bidang Outsourcing, Cleaning Service dan Event Organizer dengan brand AVISHA. Hingga kini, perusahaannya telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan perusahaan dan hotel bertaraf internasional.  Sukses mengembangkan bisnisnya dibidang-bidang tersebut sejak di usia muda, Ira pun merambah ke bisnis Kecantikan dengan nama “Avisha Klinik”.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Di Repnas, Ira menduduki jabatan sebagai Direktur Kampanye Udara, yang bertugas  menyusun strategi kampanye yang tepat untuk dikomunikasikan kepada masyarakat melalui perantara media baik media online maupun sosial media Repnas.  Tidak hanya itu, setiap hari selama bertugas membantu Repnas, Ira juga melakukan penelusuran terhadap topik yang tengah hangat dibicarakan warga dunia maya mengenai pemerintahan Jokowi baik yang positif maupun negatif saat itu, terutama yang berkaitan dengan isu  ekonomi.  Kemudian, bersama  team, Ira merumuskan hal-hal apa yang dapat dibantu oleh Repnas untuk menanggulangi opini negatif yang muncul tersebut dan  melakukan berbagai tindakan preventif.

Titi Rusdi

Berawal dari ide membentuk perusahaan pengembang aplikasi BlackBerry, Titi mendirikan mendirikan bisnis pengembangan konten (content development) dengan brand 7Langit di tahun 2009. Selama 10 tahun, perusahaannya terus berkembang dan kini pengembangan kontennya telah merambah untuk perangkat iPhone dan Android.  Sudah hampir 10 tahun ini, 7Langit mengembangkan aplikasi seperti Java Rock in Land, Java Soulnation, Java Jazz, International Motor Show (IIMS) dan banyak lagi. Di tengah menjamurnya pengembang aplikasi saat ini, 7Langit tetap berkibar karena kreativitas dan inovatif yang terus dikembangkan tanpa henti oleh Titi dan team.

Menduduk jabatan sebagai Wakil Sekretaris di Repnas Pusat, Titi memiliki peran strategis dalam menyusun dan mengawasi hampir keseluruhan program offline Repnas. Di Repnas, Titi pun menjabat sebagai Ketua Program Bus Jelajah Nusantara. Berkordinasi dengan tim Repnas daerah, Titi menyusun program perjalanan dan mempersiapkan logistik bus yang menjelajah di 16 provinsi di seluruh Indonesia tersebut, meliputi interaksi dengan masyarakat setempat di pasar-pasar tradisional, sharing menjadi pengusaha di acara ngobrol pintar (Ngopi) milenial, pengambilan testimoni masyarakat tentang kinerja pemerintahan Jokowi di PSN dan banyak lagi.

Yuke Yurike

Yuke adalah seorang Sarjana Teknik Mesin yang tertarik berkecimpung di bidang politik dan saat ini tengah menjabat sebagai anggota DPRD DKI periode 2019-2024. Ibu dari tiga anak ini, sejak muda telah menduduki sederetan jabatan di organisasi antara lain Wakil Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi DKI Jakarta, Bendahara Umum Hipmi Jaya, Wakomtap KADIN Indonesia Bidang UKM, Wabendum DPP KNPI, Ketua Bidang Pemberdayaan Masyarakat PD IX DKI Jakarta GM FKPPI, Pengurus PB PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Cabang Renang Indah dan Ketua Ikatan Alumni Teknik Mesin Universitas Indonesia (Ilusin UI).

Menempati posisi sebagai Sekretaris Nasional Repnas, Yuke dipercaya untuk mengawasi keseluruhan program online dan offline Repnas. Secara ekternal, Yuke memiliki tangung jawab untuk berkordinasi dan menyikronkan program kerja untuk  memenangkan pasangan Jokowi-Maruf dengan para relawan lain di luar Repnas. (hty)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya