Soal Capres 2024, Surya Paloh Tunjukan Keakraban Sebut Khofifah Adik

Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.
Sumber :
  • Nur Faishal / VIVAnews.

VIVA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa disebut-sebut masuk radar Partai Nasdem untuk diusung dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Ditanya soal itu, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh tak membantah atau pun mengiyakan. Dia hanya menunjukkan keakraban dan menyebut Khofifah sebagai adik.

Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu adalah salah satu deklarator saat Nasdem berdiri sebagai organisasi kemasyarakatan, sebelum akhirnya menjadi partai. Nasdem pula yang pertama kali mengumumkan dukungan ke Khofifah pada Pilgub Jatim 2018 lalu. 

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Apakah Nasdem betul-betul meradar Khofifah untuk diusung pada Pilpres 2024? "Tengok aja wajahnya, mantap enggak. Terjemahkan saja sendiri, kalau saya terlalu subyektif soalnya adik sendiri," kata Paloh, usai acara peluncuran 'Mobil Siaga Nasdem Peduli Rakyat' di JX Internasional Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 23 November 2019. 

Paloh mendoakan agar Khofifah makin mantap memimpin Jawa Timur. Saat sambutan di hadapan kader, dia memuji Khofifah dan mengaku senang berkunjung ke Jawa Timur gara-gara mantan Menteri Sosial itu. "Tentang Mbak Khofifah, kita doakan dia sehat agar memimpin Jatimnya mantap," ujar Paloh. 

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Secara kepartaian, Paloh mengatakan, Nasdem masih wait and see dan melihat dinamika politik yang bergulir, termasuk mempertimbangkan wacana amandemen UUD 45 dan usulan jabatan presiden tiga periode. Jika memang Jokowi tak dikehendaki lagi oleh masyarakat, tentu usulan tersebut akan ditolak. 

"(Jika) kemungkinan Bapak Jokowi memang tidak lagi mendapat tempat di hati masyarakat, tidak menginginkan beliau untuk maju, memimpin lagi bangsa ini, ya itu harus disiapkan konvensi oleh Nasdem, untuk mencari figur calon. Kan banyak anak-anak negeri ini. Soal nama kita rahasiakan dulu, (masih) dua setengah tahun (lagi)," ujar Paloh. 

Khofifah yang berada di samping Surya Paloh saat diwawancara hanya mesam-mesem. Dia ogah berkomentar ketika diminta tanggapan soal kemungkinan diusung Nasdem di Pilpres 2024. "Wis, rek-wis, rek-wis, rek," kata Khofifah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya