Anak-Mantu Jokowi Maju Pilkada, PKS Ingatkan Distorsi Politik Dinasti

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman, di Jakarta.
Sumber :
  • VIVAnews/ Eka Permadi

VIVA – Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman angkat bicara soal politik dinasti, terkait putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai bakal calon wali kota Solo dan menantunya, Bobby Nasution, maju sebagai bakal calon wali kota Medan.

Bukan Sang Paman, Bobby Nasution Ternyata Tunjuk Topan Ginting sebagai Pj Sekda Medan

"Demokrasi yang ingin kita bangun demokrasi substansial ya bukan prosedural, tentu harus terbebas dari distorsi. Memang kalau ada dinasti ya distorsi akan besar, jadi saya kira alangkah baiknya kita jangan mengembangkan dinasti," kata Sohibul, usai Silaturahmi dan Koordinasi Antar Fraksi PKS DPR RI dengan Pimpinan FPKS dan Pimpinan DPRD Provinsi se-Indonesia, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

Namun, Sohibul memastikan, PKS tengah bersiap menghadapi Pilkada serentak di 270 daerah pada 2020 mendatang. DPP PKS memberi keleluasaan bagi pengurus daerah untuk berkoalisi dengan partai apa pun untuk mengusung atau mendukung calon kepala daerah, dengan tetap mengacu pada prosedur yang ada.

Berpeluang Didukung Gerindra di Pilgub Sumut 2024, Bobby Nasution Bilang Begini

"Saya kira sudah jelas bagaimana sikap PKS dalam rakornas kemarin, tinggal bagaimana mencapai target itu. Tadi sudah ada beberapa kebijakan yang saya sampaikan bahwa kepada DPD/DPW PKS silakan berkoalisi dengan partai manapun sesuai dengan suasana kebatinan di daerah masing masing," katanya.

Sebelumnya, putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming mengaku sudah melakukan persiapan untuk ikut serta dalam pilkada Solo. Di antaranya 'blusukan' langsung ke masyarakat. "Sudah gerak di bawah. Sudah, sudah (pendekatan), ke masyarakat sudah, blusukan juga," kata Gibran di Hotel Balairung, Jakarta, Minggu, 10 November 2019.

Gerindra Buka Peluang Usung Bobby Nasution Maju Pilgub Sumut

Di hadapan anggota Banteng Muda Indonesia dalam peringatan Hari Pahlawan, Gibran pun menyatakan diri akan berkontestasi dalam pilkada Solo.

Selain itu, Bobby Nasution mengembalikan formulir pendaftaran sebagai calon Wali Kota Medan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara, di Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Selasa, 3 Desember 2019.

Menantu Presiden Joko Widodo ini mengantarkan langsung formulir pendaftaran calwakot, di Pilwakot Medan 2020 kepada pengurus DPD PDIP Sumatera Utara.

"Saya kembalikan formulir pendaftarannya lengkap dengan sejumlah persyaratannya. Ini pertama kali saya mendaftar ke partai politik untuk maju sebagai calon wali kota Medan," ujar Bobby kepada wartawan di Medan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya