Pilkada 2020 Tangsel

Sekda Tangsel Pensiun Dini Maju dengan Keponakan Prabowo, Wawali Cuti

Pasangan Muhammad-Sarah diusung Gerindra, PDIP di Pilkada Tangsel
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Pilkada 2020 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal diikuti oleh dua pejabat di jajaran pemerintah kota itu. Mereka Sekretaris Daerah Muhammad dan Wakil Wali Kota Benyamin Davnie. Keduanya akan ikut bertarung di pilkada yang rencananya digelar serentak 9 Desember 2020.

Muhammad-Saraswati Minta Dilakukan PSU di Seluruh TPS di Tangsel

Dimintai konfirmasi, Muhammad menyatakan dia telah memilih untuk pensiun dini dari jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Kota Tangerang Selatan. "Iya, saya memilih untuk pensiun dini, dan sedang diurus soal adminitrasinya," katanya, Senin 27 Juli 2020.

Muhammad akan menjadi bakal calon wali kota. Dia berpasangan dengan keponakan Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Rahayu Saraswati. Menurutnya, langkah itu diambil agar, dirinya bisa fokus dalam pertarungan di Pilkada Kota Tangerang yang sebentar lagi akan dihelat.

Raih 235.734 Suara, Benyamin Davnie-Pilar Menang Pilkada Tangsel

Baca juga: Jokowi Terbitkan PP, Korban HAM Berat dan Terorisme Dapat Kompensasi

"Biar bisa fokus dan nggak main-main. Dan memang, tahapan ini sudah mutlak dan harus dilakukan," ujarnya.

Kocak, Surat Suara Pilkada Tangsel Ditulis Korup Lu Pada

Sementara itu, calon petahana yakni Benyamin Davnie juga melakukan hal serupa. Dia pun tengah mengurus surat untuk mengajukan cuti sebagai Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

"Sedang diajukan, masih proses administrasinya sampai ke Kemendagri. Jadi, nanti saya cuti selama masa kampanye yakni 70 hari. Yang mana, ini bertujuan agar saya fokus dan tentunya menghindari adanya pemakaian fasilitas negara," jelasnya.

Benyamin, yang juga mencalonkan diri sebagai Wali Kota Tangerang Selatan, mengaku akan tunduk pada aturan Pilkada atau KPU yang mengharuskan setiap calon yang bertarung terutama yang berasal dari ASN dan juga petahana, harus cuti selama masa kampanye.

"Pokoknya begitu penetapan, langsung cuti," katanya. Sebagai petahana, Benyamin akan maju bersama calon wakilnya, yakni Pilar Saga. 

Untuk diketahui, Pilkada Kota Tangerang Selatan, terdapat tiga pasangan calon yang sudah dipastikan maju. Benyamin Davnie - Pilar Saga maju setelah diusung oleh Partai Golkar. Sementara dua calon lainnya yakni putri Wapres KH Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, berpasangan dengan politisi PKS Ruhaman Ben, yang didukung juga oleh Partai Demokrat. Sementara pasangan Muhammad - Rahayu Saraswati, diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Gerindra. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya