Panen Perdana, PKS Borong 1 Ton Beras dari Petani Lokal Kalbar

PKS panen perdana bersama petani lokal di Kubu Raya Kalbar
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Barat membeli 1 ton beras dari petani lokal. Hal itu dilakukan dalam acara Panen Perdana yang dilakukan bersama petani lokal di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya Kalimantan Barat, Minggu 24 Oktober 2021.

4 Warga Kalbar Meninggal Dunia Akibat Rabies

Anggota DPR RI yang juga merupakan Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan Wilayah (BPW) Kalimantan, Alifudin mengatakan Pembelian 1 ton beras ini dapat membantu para petani lokal. Pembelian beras dalam jumlah besar di petani lokal ini juga diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian rakyat.

"Alhamdulillah saya bisa hadir langsung bersama para petani desa berembang, sungai rengas untuk memanen perdana padi yang sudah siap matang, dan Alhamdulillah juga PKS Kalbar langsung membeli sebanyak 1 Ton dari hasil tani di desa ini, Alhamdulillah ini sebuah kerja nyata PKS Kalbar," kata Alifudin kepada VIVA, Senin 24 Oktober 2021.

Banjir Bandang Terjang Melawi Kalbar, 700 KK dari 17 Desa Terdampak

Alifudin juga berharap dengan adanya pembelian 1 Ton beras lokal ini bisa meningkatkan produksi serta konsumsi beras lokal. "Kalau itu terwujud, insya Allah para petani kita sejahtera, habis panen langsung laris beras nya, tidak khawatir berasnya tidak laku ketika dijual di pasar," ujarnya. 

Sementara itu, Khalid Hermawan, Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPW PKS Kalbar mengatakan kegiatan panen perdana dan launching gerakan konsumsi beras lokal merupakan respon PKS terkait banyaknya hasil panen dan harus segera dicarikan pembelinya.

Ratusan Hektare Sawah di Bombana Sultra Gagal Panen akibat Banjir, Pemkab Minta Bantuan Pusat

"Kami di PKS, khususnya bidang Tani dan Nelayan melihat potensi petani lokal harus diapresiasi, untuk itu hari ini kami bersama jajaran petinggi PKS lainnya melakukan panen perdana sekaligus melaunching gerakan konsumsi beras lokal, langsung beli dari petani, atau beras yang benar-benar berasal dari daerah kita sendiri," ujarnya.

Khalid mengatakan, dengan adanya kegiatan ini PKS ingin membantu para petani langsung agar tidak khawatir tidak ada yang beli ketika panen dan padinya sudah digiling. PKS siap membeli beras hasil panen petani lokal.

"Iya kita siap membeli hasil panen para petani, dan dengan adanya kegiatan ini kami harap petani menjadi fokus untuk menjaga dan merawat lahannya agar bisa segera di tanam kembali," ujar Khalid 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya