SBY Idap Kanker Prostat, Jokowi Kirim Tim Dokter Kepresidenan

SBY hadir saat kongres Partai Demokrat yang menunjuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jadi Ketum Demokrat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didiagnosa mengalami sakit kanker prostat. Rencananya, mantan Ketua Umum Partai Demokrat ini bakal menjalani pengobatan di luar negeri.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

SBY juga sudah berkoordinasi dengan Presiden Jokowi terkait rencana pengobatan di luar negeri.

"Adalah benar, Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," kata Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan melalui keterangannya, Selasa, 2 November 2021.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Menurut dia, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan SBY. Hal ini dengan melihat kondisi kesehatan SBY saat ini.

Presiden Jokowi terima SBY saat di Istana Negara, beberapa waktu lalu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Setpres/Cahyo Bruri Sasmito
Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Dia menjelaskan pertimbangan berobat di luar negeri, setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia. Konsultasi ini termasuk para urolog senior sehingga diputuskan medical treatment dilakukan di salah satu rumah sakit di luar negeri.

“Tentu rumah sakit yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” jelas dia.

Ossy menambahkan komunikasi yang dilakukan antara tim dokter Indonesia dan tim dokter negara sahabat tersebut berlangsung dengan baik. Pun, pihak luar negeri yang salah satu rumah sakitnya akan merawat SBY bersedia untuk menangani SBY.

“Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," ujarnya.

Terkait koordinasi SBY dengan Presiden Jokowi, ia mengatakan bahwa nanti tim dokter kepresidenan akan dikirim untuk mendampingi selama pengobatan di luar negeri.

"Presiden Jokowi memberikan respons yang baik dan menyampaikan bahwa satu-dua anggota tim dokter kepresidenan akan mendampingi dalam pengobatan tersebut," sebut Ossy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya