Jiwa Kepahlawanan Tumbuh Diawali Rasa Cinta Tanah Air 

Pekerja memperbaiki makam yang rusak akibat tertimpa pohon di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Tepat setiap 10 November hari ini, diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pahlawan lahir untuk membela dan mempertahankan Tanah Air, seperti saat mengusir penjajah. Saat ini, wujud menjiwai kepahlawanan bisa terjadi jika diawali dengan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Itu yang dikatakan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Maka sepatutnya dalam mengenang perjuangan para pahlawan, maka setiap Hari Pahlawan selalu ditradisikan mengheningkan cipta. Ini sebagai bentuk penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan yang telah tiada. 

“Hening cipta menjadi bagian dari protokol acara resmi partai. Jiwa kepahlawanan tumbuh dari rasa cinta pada Tanah Air, kesediaan berkorban, dan keyakinan untuk berjuang bagi kepentingan bangsa dan negara,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya yang diterima VIVA, Rabu 10 November 2021. 

PDIP Masih Cermati Peluang Duet Anies dan Ahok dalam Pilkada 2024

Hasto bilang, mendoakan para kesuma bangsa sekaligus mengambil inspirasi dari semangat perjuangan mereka, harus dilakukan bagi generasi bangsa saat ini. Dia mengatakan, peran pahlawan sedianya terus relevan sepanjang zaman. 

“Setiap warga negara yang berkomitmen dan berjuang sesuai dengan bidangnya seperti atlet yang berhasil di ajang Olimpiade atau Asian Games, peneliti atau bahkan mahasiswa yang diakui di level internasional juga bisa dikategorikan mempunyai jiwa kepahlawanan,” kata politisi asal Yogyakarta itu. 

Ganjar Pranowo Deklarasi jadi Oposisi Sejalan Dengan Sikap Partai

Jiwa Kepahlawanan di Tengah Kerusakan Lingkungan

Termasuk melihat situasi kekinian mengenai bencana banjir yang terjadi di sejumlah daerah seperti Kota Batu dan Kalimantan Barat. Ini membuktikan betapa kerusakan lingkungan telah terjadi. Maka harus tumbuh jiwa kepahlawanan kita melihat kerusakan tersebut.

PDIP sambung Hasto, tak bosan-bosan sebagai partai pelopor yang mendengungkan Gerakan Mencintai Bumi lewat langkah-langkah konkret seperti mencegah perusakan hutan, merawat sungai hingga melakukan penaman pohon secara massif. Dia mengapresiasi semangat para pegiat lingkugan, yang terus bekerja menjaga alam, merawat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. 

“Kesemuanya menyadarkan kita betapa pentingnya saat ini bagi hadirnya para pahlawan-pahlawan lingkungan yang terus berjuang untuk melindungi bumi,” kata Hasto. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya