Prabowo Blak-blakan Ungkap Asal Usul Nama Subianto

Menhan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto
Sumber :
  • Tim Media Prabowo

VIVA – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto blak-blakan bercerita terkait asal usul nama Subianto. Cerita ini disampaikan Ketua Umum Partai Gerindra itu di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat, 12 November 2021.

PDIP: Megawati Bertemu Prabowo pada 17 Agustus

Prabowo dalam momen itu dianugerahi gelar Warga Kehormatan Brimob. Terkait nama Subianto, awalnya Prabowo menceritakan mendiang pamannya yang gugur dalam perang kemerdekaan RI.

"Orang tua saya Pak Soemitro punya adik laki-laki yang gugur waktu perang kemerdekaan. Yang satu sebagai taruna di Akmil Tangerang, namanya Suyono, gugur umur 16 tahun bersama dengan Daan Mogot pada peristiwa Lengkong, Januari 1946," kata Prabowo. 

Sekjen Gerindra: Prabowo Akan Menepati Janjinya setelah Dilantik

Namun, ia mengungkapkan dirinya masih memiliki satu paman lagi yang merupakan seorang perwira Polri. Kata dia, almarhum pamannya itu juga bagian anggota Polisi Istimewa. Nama sang pamannya adalah Subianto.

"Yang banyak tidak tahu. Paman saya yang satu lagi, kakaknya Suyono. Namanya Subianto. Itulah nama yang saya sandang sekarang, Prabowo Subianto," jelas eks Komandan Kopassus tersebut. 

Prabowo Bilang Ada yang Ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai, Sekjen PDIP Merespons

Menhan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kiri).

Photo :
  • Tim Media Prabowo

Dia melanjutkan ceritanya terkait karir pamannya Subianto. Ia mengatakan saat awal-awal kemerdekaan RI, sang paman bergabung dengan korps Bhayangkara di kesatuan Polisi Istimewa, yakni jadi cikal bakal Brimob saat ini. 

"Subianto itu dari Agustus 1945 tergabung dalam Polisi Istimewa. Polisi Istimewa adalah cikal bakal dari Brimob. Jadi, bisa dikatakan bahwa paman saya ya memang korps Brimob," lanjut Prabowo.

Maka itu, ia merasa terharu dengan pemberian anugerah warga kehormatan utama. Namun, bagi dia, ini adalah takdir.

“Jadi, mungkin takdir. Ada malaikat yang membisikkan komandanmu, mungkin paman saya lihat dari atas. Hari ini kebahagian bagi saya bahwa saya keponakan polisi istimewa, seorang Brimob," tutur Prabowo. 

Pun, ia punya pesan khusus terhadap Korp Brimob. Prabowo mau Brimob ke depan bisa jadi organisasi yang tangguh, kuat dan diandalkan negara. Ia menekankan Brimob harus dekat dan dicintai rakyat.

"Garang terhadap musuh, tapi melindungi rakyat, cintai rakyat, dan dicintai rakyat," ujarnya. 

"Jagalah kehormatan yang baik. Saudara adalah andalan negara dan bangsa," tambah Prabowo. 

Untuk diketahui, penganugerahan Warga Kehormatan Brimob kepada Prabowo juga dalam rangka peringati Hari Ulang Tahun korps Brimob Polri yang ke-76.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya