Gelora: 10 Juta Pohon Ini Kontribusi Kecil Kami Atasi Perubahan Iklim

Partai Gelora Tanam 10 Juta Pohon
Sumber :
  • Partai Gelora

VIVA – Meski masih berusia belia, Partai Gelora tetap memperhatikan persoalan yang mengancam masa depan bangsa bahkan dunia. Diantaranya adalah masalah perubahan iklim. Maka partai pimpinan Anis Matta itu, akan menanam 10 juta pohon, yang juga bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada 28 November 2021.

Jadwal 'Kiamat' Tak Bisa Ditunda, Sosok Penting Ini Menyerah

Penanaman pohon dengan jumlah 10 juta ini, dilakukan di seluruh provinsi di Tanah Air. Tetapi akan dipusatkan di Sungai Citarum, yakni Kampung Cikoneng, Bandung pada Minggu besok 28 November 2021. 

Ketua Umum Partai Gelora, Anis Matta beserta para pengurus pusat dan Jawa Barat partai, akan melakukan penanaman. Diikuti dan dilanjutkan oleh kader lainnya di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Sekjen Partai Gelora Mahfuz Sidik menjelaskan, partainya sangat menyadari akan ancaman perubahan iklim saat ini. Maka pihaknya menyambut baik komitmen Presiden Jokowi seperti yang disampaikan dalam G-20 beberapa waktu lalu.

"Kami di Gelora menyadari benar isu perubahan iklim dan menyambut baik komitmen presiden Jokowi melawan fenomena perubahan iklim ini pada saat pertemuan G 20 lalu. Maka Gelora Menanam 10 Juta Pohon ini sebagai bentuk partisipasi dan kontribusi kecil kami untuk ikut mengatasi perubahan iklim di Indonesia," jelas Mahfuz dalam keterangannya yang diterima VIVA, Sabtu 27 November 2021.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

Penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan dalam sehari saja. Tetapi akan terus berlanjut, hingga 10 juta pohon tertanam. Ditargetkan, penanaman ini akan terus dilakukan hingga November 2023.

"Rencananya pada tanggal 28/11 kami akan mulai menanam 10 ribu pohon secara nasional untuk menandai dimulainya gerakan menanam 10 juta pohon hingga November 2023. Jadi ini aksi nyata yang berkelanjutan," jelas Ketua Bidang Lingkungan Hidup Partai Gelora, Ir Rully Syumanda.

Kolaborasi Dengan Pemerintah, LSM, Ulama dan Artis

Aksi penanaman yang diinisiasi oleh Partai Gelora, berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Seperti Kantor Dinas dan Bali Pembibitan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, LSM peduli lingkungan, ulama hingga kalangan artis.

"Sudah sepekan kami kami meluncurkan kampanye literasi dan kolaborasi di media sosial untuk mengajak masyarakat menanam pohon. Kami libatkan kalangan artis yang dikoordinir oleh bang Dedi Mizwar, Ketua Bidang Pengembangan Seni Budaya di Partai Gelora. Kampanye literasi ini akan mengiringi aksi nyata menanam pohon selama dua tahun ke depan hingga tingkat kelurahan dan desa," jelas koordinator Gelora Tanam 10 Juta Pohon, Ari Saptono.

Penanaman pohon dalam beberapa tahun ini, memang sedang digiatkan oleh pemerintah. Membangun kesadaran masyarakat untuk mengatasi deforestasi. Apalagi semakin banyak lahan kritis, disusul peningkatan suhu di perkotaan.

Bahkan ada program satu orang menanam 25 pohon yang digawangi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dimana pemerintah menyiapkan bibit-bibitnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya