Kaleidoskop 2021: 6 Tokoh Politik Langganan Survei Capres

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA – Tahun 2021 saat ini sudah memasuki penghujung tahun, dan selama tahun 2021 telah menunjukkan adanya peningkatan tensi Politik seiring semakin dekatnya dengan tahu 2024. Selama 12 bulan terakhir ini juga mulai muncul sejumlah Partai Politik dan tokoh-tokoh nasional yang digadang-gadang akan menjadi calon presiden atau capres pada tahun 2024 mendatang.

Pilgub Jateng 2024, Survei: Elektabilitas Sudaryono Moncer Dinggap Bisa Bawa Perubahan

Tim VIVA telah merangkum sejumlah nama tokoh dan partai politik paling bersinar selama tahun 2021. Nama tokoh dan partai politik ini disusun berdasarkan hasil riset sejumlah lembaga survei yang dilakukan sejak Januari sampai Desember 2021.

Tokoh paling bersinar selama tahun 2021:

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

1. Prabowo Subianto 

VIVA Militer: Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto

Photo :
  • Instagram/@prabowo
Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto, menjadi tokoh nasional yang paling sering menduduki peringkat atas hasil survei sejumlah lembaga survei tanah air. Rekam jejak Prabowo Subianto dalam kanvah perpolitikan nasional tak perlu diragukan lagi.

Sejak 2008, Prabowo merupakan Ketua Umum Partai Gerindra. Prabowo sempat tiga kali ikut serta dalam pemilu sebagai Capres maupun Cawapres, yakni pada tahun 2009, 2014 dan 2019 dalam keikutsertaannya itu, tak sekalipun Prabowo menang.

Namun dampak positif yang terjadi dari tiga kali keikutsertaan Prabowo dalam Pemilu adalah membuat sosoknya semakin dikenal masyarakat, dan selama tahun 2021 ini Prabowo selalu masuk urutan teratas elektabilitas Capres 2024.

2. Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta (foto: Dokumen/Anies Baswedan)

Photo :
  • vstory

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan digadang-gadang akan menjadi Calon Presiden pada tahun 2024 mendatang. Anies merupakan salah satu tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada periode pertama kepemimpinan Jokowi.

Namun jabatan tersebut tidak bertahan lama, Anies dicopot oleh Jokowi dalam reshuffle kabinet jilid II, pada tanggal 27 Juli 2016. Setelah itu, Anies maju dalam Pilkada DKI tahun 2017.

dari sini karier politik Anies mulai menanjak. Anies dianggap berpotensi maju sebagai Capres setelah dapat memenangkan Pilkada DKI Jakarta pada tahun 2017 lalu.

Sejumlah lembaga survei seperti Parameter Politik, ARSC dan Indikator Politik, juga kerap menempatkan Anies dalam posisi papan atas dalam survei yang dilakukan selama tahun 2021.

3. Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, masuk dalam tokoh potensial menjadi Capres yang paling bersinar selama 2021. Karier Politik ganjar mulai dikenal publik sejak Dia menduduki sebagai Anggota DPR RI dua periode yakni periode 2004-2009 dan 2009-2013, Namun ganjar tak menyelesaikannya sampai akhir karena pada tahun 2013 Ganjar maju sebagai Calon Gubernur Jawa Tengah.

Nama Ganjar semakin dikenal saat menduduki jabatan sebagai Gubernur Jawa Tengah. Bahkan Ganjar kembali terpilih kedua kalinya pada Pilkada serentak 2018. 

Pada tahun 2021, nama Ganjar juga banyak diberitakan sejumlah media massa, terutama terkait persaingannya dengan Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani. Ganjar dan Puan disebut-sebut bersaing mendapatkan restu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk maju sebagai Capres di 2024.

Sejumlah lembaga survei seperti LSI, Indikator Politik dan Parameter Politik juga kerap menempatkan Ganjar dalam posisi lima besar tokoh yang memiliki elektabilitas tertinggi. Tak heran nama Ganjar menjadi salah satu tokoh paling bersinar di 2021

4. Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno

Photo :
  • VIVA/Irfan

Satu lagi Menteri Presiden Joko Widodo yang masuk dalam jajaran tokoh paling bersinar selama tahun 2021 yakni Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sosok pria yang berlatar belakang sebagai pengusaha ini mulai dikenal masyarakat saat dirinya memutuskan maju sebagai Calon Wakil Gubernur DKI pada 2017.

Saat itu, Sandiaga mulai rutin sosialisasi ke masyarakat untuk mencari dukungan. Tak sia-sia, pada saat itu Sandiaga mampu mengalahkan Calon petahana Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. 

Setelah itu Sandi semakin dikenal masyarakat saat maju sebagai Cawapres mendampingi Prabowo SUbianto pada pemilu 2019. Meski tidak memenangkan Pemilu, namun saat ini Sandiaga ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menparekraf.

Nama Sandiaga sseringkali masuk jajaran papan atas sejumlah lembaga survei. Seperti lembaga Survei ARSC, LSI Denny JA dan juga Vox Pol dalam surveinya di tahun 2021 

5. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Kongres Persatuan Alumni GMNI di Hotel Trans Luxury, Kota Bandung, Senin, 6 Desember 2021.

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman

Tokoh potensial Capres berikutnya yang namanya bersinar pada tahun 2021, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil ini merupakan tokoh non-partai atau dari kalangan profesional.

Ridwan mulai dikenal banyak masyarakat saat dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerakan Indonesia Raya sebagai wali kota Bandung pada tahun 2013. Kala itu Ridwan didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai calon wakil wali kota Bandung yang akhirnya pasangan tersebut keluar sebagai pemenang.

Karir jabatan Ridwan Kamil semakin cemerlang saat Dia mampu memenangkan Pilkada Jawa Barat pada tahun 2018 lalu. Sampai saat ini namanya terus melejit dan masuk dalam tokoh yang cukup bersinar di 2021 yang berpotensi maju dalam Pemilihan Presiden 2024.

6. Agus Harimurti Yudhoyono

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Photo :
  • Dok. Demokrat

Tokoh selanjutnya yang juga memiliki elektabilitas cukup baik di 2021, adalah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, atau AHY. Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ini sebelumnya merupakan seorang prajurit militer.

Namun pada tahun 2017, AHY memilih keluar dari TNI dan masuk ke jalur Politik. AHY bersama Sylviana Murni maju sebagai pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur di Pilkada DKI 2021. Namun sayang mereka kalah pada putaran pertama.

Tak berhenti disitu, Karir Politik AHY semakin meningkat saat dipercaya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat pada Maret 2020 lalu. Kemudian namanya semakin sering diperbincangkan setelah pada awal 2021 lalu mengumumkan bahwa ada upaya kudeta yang dilakukan KSP Moeldoko terhadap dirinya sebagai Ketua Umum Demokrat.

Perseteruan antara Demokrat dan Moeldoko turut berperan membuat nama AHY sering diperbincangkan selama tahun 2021. Tak heran sejumlah lembaga survei memasukkan nama AHY dalam jajaran 10 besar yang memiliki elektabilitas terbaik selama tahun 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya