Tiga Faktor yang Bisa Wujudkan Indonesia Maju Versi Muhaimin

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan Indonesia harus bisa mewujudkan sebagai negara maju. Alasannya, Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia (SDM).

Relawan Tak Tolak Partai Pendukung Amin Bergabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menurut dia, ada tiga hal yang bisa jadi kunci untuk menjadikan Indonesia sejajar dengan negara maju lainnya. Namun, ia bilang tiga hal itu seperti dilupakan. 

Dia bilang pertama, Indonesia bisa maju jika setiap individu baik di desa dan kota berpikir maju. Muhaimin menekankan kualitas SDM mesti didongkrak.

Cak Imin: Masuk atau Tidak Lihat di 20 Oktober, Akan Terlihat Koalisi Sesungguhnya

Lalu yang kedua menurutnya Indonesia bisa maju jika pemerintah dan kebijakan publik yang mendorong serta mendukung menciptakan peluang agar semua warga menjadi maju.

”Dengan kata lain, Indonesia yang inklusif, Indonesia yang mengayomi, dan Indonesia merata," kata Muhaimin dalam pidato awal tahun bertajuk 'Peta Jalan Indonesia Maju', di Jakarta, Senin, 3 Januari 2022. 

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

Pun, kunci yang ketiga yaitu masa depan Indonesia mesti dijaga dan diamankan. Maksudnya, lingkungan hidup tempat tinggal menyerap udara bersih serta air bersih aman dan terjaga.

”Singkatnya, Indonesia hijau, Indonesia lestari, dan Indonesia berkelanjutan," sebut Wakil Ketua DPR tersebut.

Selain itu, dia menekankan hal yang jadi prioritas dan mesti dicapai pemerintah pada 2022 yaitu pertumbuhan dan pemulihan sektor riil untuk perbaikan ekonomi masyarakat. Kata dia, hal ini dengan menciptakan lapangan pekerjaan dan pendapatan masyarakat.

”Karena itu, saya mendesak agar ada kemudahan dan percepatan kredit perbankan kepada semua usaha kecil UMKM," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya