Cak Imin Usul Pemilu 2024 Diundur, Hasto Beberkan Sikap PDIP

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Usulan penundaan Pemilu 2024 dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin terus menuai reaksi dari berbagai kalangan masyarakat, tidak terkecuali elite partai politik.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa sikap politik PDIP terkait wacana penundaan Pemilu tidak memiliki landasan hukum yang kuat.

Wacana tersebut juga dapat melupakan aspek yang paling fundamental dalam politik yang memerlukan syarat kedisiplinan dan ketaatan terhadap konstitusi.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

“Sumpah Presiden juga menyatakan pentingnya memegang teguh Undang Undang Dasar (UUD) dan menjalankan segala Undang Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya,” kata Hasto dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, 24 Februari 2022.

Menurut Hasto, atas dasar ketentuan konstitusi pula konstitusi mengamanatkan pemilihan umum (Pemilu) dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil setiap lima tahun sekali.

DKPP Ungkap Laporan Pelanggaran Pemilu 2024 Terbanyak dari Provinsi Papua

“Dengan demikian tidak ada sama sekali, ruang penundaan Pemilu,” ujarnya.

Hasto menambahkan, apa yang disampaikan oleh PDI Perjuangan juga senafas dengan pernyataan Presiden Jokowi yang berulang kali menegaskan tentang penolakannya terhadap berbagai wacana yang bertujuan untuk memperpanjang masa jabatan ataupun menunda Pemilu.

“Periodisasi Pemilu 5 tahunan membentuk kultur demokrasi. Kuktur berkorelasi dengan  kualitas demokrasi. Dalam hal kultur periodisasi ini diganggu, maka hanya berdampak pada instabilitas politik. Jadi daripada berpikir menunda Pemilu, sebaiknya terus melakukan langkah konsolidasi untuk mempersiapkan Pemilu,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan agar Pemilu 2024, diundur satu hingga dua tahun.

Cak Imin akan mengkomunikasikan mengenai usulan penundaan Pemilu tersebut kepada Presiden Joko Widodo hingga pimpinan partai politik.

“Semoga, usulan saya ini akan saya sampaikan ke teman-teman pimpinan partai, saya usulkan ke Pak Presiden, bagaimana apakah bisa? ya nanti kita lihat saja, apakah mungkin bisa diundur atau tidak. Ini usulan saya,” kata Cak Imin, Rabu kemarin.

Baca juga: Cak Imin Usul Pemilu 2024 Ditunda 2 Tahun, Ini Uraian Alasannya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya