Kongres Tetapkan Ryano jadi Ketum KNPI, Haris Pertama Diminta Legawa

Ilustrasi KNPI.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Terpilihnya Muhammad Ryano Satrya Panjaitan sebagai Ketua Umum DPP KNPI periode 2022-2025 disambut baik berbagai OKP dan para Ketua DPD KNPI. Mereka menilai, Kongres XVI Pemuda/KNPI yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta pada 8-10 April 2022 telah berjalan lancar dan sesuai dengan AD/ART, serta syarat sah Kongres. 

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum

Seperti dikatakan Adheri Zulfikri Sitompul selaku Ketua Umum Ikatan Sarjana Al Washliyah (Isarah). Menurutnya, Kongres KNPI yang baru saja berlangsung sudah tepat, karena dihadiri 213 OKP dan 34 pimpinan DPD KNPI. 

"Terpilihnya Bung Ryano di Kongres secara aklamasi sudah sesuai dan memenuhi syarat serta suara bulat, aklamasi. Jadi tidak boleh pihak lain yang mengatasnamakan lagi KNPI," kata Adheri kepada awak media, Senin, 11 April 2022.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Adheri menegaskan, KNPI merupakan wadah berhimpun kepemudaan sehingga tidak boleh seseorang atau siapa pun mengatasnamakan secara pribadi. 

"KNPI organisasi besar, KNPI bukan milik OKP tertentu, pribadi atau segelintir orang, tapi milik OKP nasional. Jadi ngawur bilamana ada yang mengatakan tidak sah. Intinya tolak ukurnya dihadiri 213 OKP tingkat nasional dan 34 DPD KNPI, sehingga tidak ada lagi yang mampu menyatakan atau mengklaim di luar sana yang mengaku KNPI. Yang mengaku KNPI disana itu tidak lagi didukung mayoritas OKP," kata Adheri. 

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Karena itu, Adheri menilai tidak benar klaim Haris Pertama jika mengaku masih sebagai Ketum KNPI.
Seharusnya, lanjut Adheri, Haris bisa legawa menerima keputusan penetapan Ryano Panjaitan sebagai Ketua Umum DPP KNPI

"Kita mau ketawa karena lucu sih, Haris masih mengaku Ketua Umum KNPI. Kan sudah jelas forum kongres penyatuan menghasilan Bung Ryano secara aklamasi sebagai Ketum KNPI," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua KNPI Palopo, Umar yang ikut hadir dalam kongres memberikan apresiasinya terhadap hasil Kongres XVI Pemuda/KNPI. Sejak awal, klaim dia, bersama Ketua KNPI Sulsel, Nur Kanita memberikan dukungan kepada Ryano Panjaitan. 

“Selamat atas terpilihnya Bung Ryano. Saya yakin ke depan KNPI akan semakin maju sesuai dengan Visi Activistpreneur yang diusungnya,” kata Umar. 

Umar lebih jauh mendukung gagasan Ryano untuk mendorong pemuda mempunyai kemandirian ekonomi dan tidak semata mengejar politik kekuasaan atau jabatan.

“Visinya mendorong kemandirian pemuda. Bagaimana pun pemuda harus berdaya, mengembangkan diri didunia usaha sehingga mempunyai pijakan ketika berhasrat memasuk dunia politik, jadi modal dasar,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya